Balikpapan (Antara) - BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Kalimatan Timur, Minggu, memberikan layanan gratis pemeriksaan IVA dan sadanis untuk para perempuan pemegang kartu JKN-KIS di Puskesmas Klandasan Ilir di Komplek Kantor DKK.

"Ini langkah dini untuk mencegah kanker mulut rahim dan kanker payudara," kata Kepala Cabang BPJS Kesehatan Balikpapan Muhammad Fakhriza.

Pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) adalah pemeriksaan vagina oleh dokter atau tenaga medis. Vagina pasien diolesi dengan asam asetat dan diamati hasilnya. Bila terdapat bercak putih, maka pasien tersebut kemungkinan besar memiliki tanda-tanda awal kanker mulut dan leher rahim.

Juga diketahui meskipun ada tanda putih tersebut bukan berarti pasien langsung positif mengidap kanker.

"Itulah tujuan pemeriksaan ini, agar segera bisa diketahui dan segera bisa diobati dengan metode yang sesuai," kata Fakhriza. Dengan demikian kanker mulut dan leher rahim sudah dicegah.

Adapun sadanis adalah pemeriksaan dada secara klinis, untuk membedakannya dengan sadari atau pemeriksaan dada sendiri yang dapat dilakukan sendiri oleh pasien. Sadanis juga biasa disebut Mammografi.

Diketahui bahwa kanker leher dan mulut rahim adalah penyebab kematian tertinggi bagi wanita di Indonesia. Pemeriksaan IVA dan sadanis adalah upaya untuk mengurangi hal tersebut.

Untuk mendapatkan layanan ini pasien peserta JKN-KIS menunjukkan Kartu JKN-KIS atau Kartu Keluarga. Pemeriksaan IVA dikhususkan bagi wanita yang sudah menikah dan tidak dalam masa menstruasi. Apabila peserta sedang dalam masa menstruasi, ia tetap dapat mengikuti pemeriksaan sadanis.

"Program ini sangat bermanfaat karena dua penyakit tersebut menjadi hal yang kami sebagai wanita sering khawatir," ucap Kusuma Ningrum, pasien.

Ningrum diberitahu suaminya tentang kegiatan ini. Suaminya sendiri yang bekerja sebagai karyawan swasta, mendapat informasi dari kantornya. Ningrum pun datang bersama para istri dan pegawai perusahaan tersebut. (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017