Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Pengurus Provinsi Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Kalimantan Timur segera menyiapkan sejumlah atlet muda potensial untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional XX tahun 2020 di Papua.

Ketua Pengprov Ikasi Kaltim Muslimin di Samarinda, Minggu, mengatakan, strategi menyiapkan atlet muda ini sebagai antisipasi terhadap penerapan aturan pembatasan usia pada ajang olahraga nasional empat tahunan tersebut.

"Harus kita siapkan dari sekarang dan bagi kami sebenarnya tinggal melanjutkan, karena regenerasi atlet anggar Kaltim sudah berjalan dengan baik. Terbukti banyaknya atlet Kaltim menjuarai kejuaran junior kadet dan pelajar," kata Muslimin usai terpilih kembali secara aklamasi sebagai Ketua Ikasi Kaltim.

Muslimin terpilih kembali memimpin Ikasi Kaltim hingga lima tahun mendatang berdasarkan kesepakatan bersama peserta Musyawarah Provinsi (Musprov) Ikasi Kaltim di Hotel Diamond Samarinda, Sabtu (14/10), karena tidak ada calon lain yang maju.

Menurut ia, sejauh ini regenerasi atlet anggar berjalan baik dan kemajuannya mulai terbukti dengan munculya beberapa atlet muda yang kini mulai unjuk prestasi.

Salah satunya Gaby Novita, atlet berusia 15 tahun yang sudah tampil pada PON 2016 di Jawa Barat dan sukses menyumbangkan medali perak.

"Gaby juga sukses meraih emas di Pekan Okahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2017 di Semarang, Jawa Tengah. Ini menandakan bahwa Ikasi Kaltim sudah persiapkan regenerasi atlet," ujarnya.

Muslimin menegaskan, Ikasi Kaltim akan segera menyusun program kerja hingga lima tahun ke depan dengan melibatkan tim perumus yang mengacu pada program kerja PB Ikasi.

Meski program belum disusun, Muslimin menambahkan bahwa pengurus baru akan langsung bekerja menyiapkan beberapa agenda jangka pendek, seperti kejuaraan nasional pada November dan kejuaraan antar-pelajar se-Indonesia di Kalimantan Barat.

"Kakmi harus persiapkan atlet untuk dua kejuaraan itu. Kami sebenarnya sudah memilih atlet untuk ajang tersebut, tinggal mengadakan pemusatan latihan," ujar Muslimin.(*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017