Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 186 pedagang sayur di Pasar Panyembolum Desa Senaken Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser, telah direlokasi ke tempat yang baru guna menertibkan para pedagang yang ada di pasar tersebut.

"Para pedagang tersebut telah direlokasi ke tempat yang baru, luas lahannya sekitar  400 meter persegi," kata M. Jamal, Koordinator dan Ketertiban Keamanan UPTD Pasar Panyembolum di Tanah Grogot, Senin.

Sebelumnya,  ratusan pedagang sayur itu berjualan di tempat yang tidak teratur, mereka berdagang  disembarangan tempat  sehingga terlihat kumuh, bahkan  ada pedagang berjualan di depan kantor.

Lanjut Jamal relokasi tersebut  merupakan tindak lanjut dari instruksi Wakil Bupati Paser Mardikansyah, beberapa waktu lalu  sempat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pasar Panyembolum.

"Pada saat  itu Bapak  Wakil Bupati Mardikansyah meminta  para pedagang ditata agar terlihat rapi dan tidak kumuh. Kebetulan masih ada lahan kosong akhirnya  mereka setuju direlokasi,"katanya.

 Jamal mengungkapkan sebenarnya luas lahan  untuk relokasi  sekitar 5.763 meter persegi, namun karena ada sekelompok warga yang mengklaim sebagian lahan tersebut sebagai milik mereka.

Jadi lahan seluas  5.763 meter persegi itu setelah  di klaim  masyarakat, maka lahan yang bias dibangun  tinggal sekitar 400 meter  persegi saja.

Jamal menjelaskan setelah dilakukan relokasi, pihaknya secara intens melakukan pengawasan 24 jam terhadap lokasi yang baru, hal itu agar para pedagang yang sudah direlokasi tidak kembali ke tempat mereka berdagang sebelumnya.

"Ada petugas yang mengawasi siang dan malam, mereka piket bergantian. Selama dilakukan pengawasan  dalam sepekan sebelumnya, maka  tidak ada  pedagang yang pindah kembali ketempat yang lama,"ujarnya.

"Sekarang para pedagang sudah  berjualan di tempat yang  baru dan telah ditata , sehingga terlihat rapi serta tidak kumuh,”pungkas Jamal. (*)

Pewarta: R Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017