Samarinda (ANTARA Kaltim) - KONI Kalimantan Timur menyatakan siap menggelar Pemusatan Latihan Nasional ( Pelatnas) bagi atlet Indonesia yang akan dipersiapkan menghadapi Asian Games 2018.

Ketua KONI Kaltim, Zuhdi Yahya di Samarinda, Selasa, mengatakan, Kaltim punya sejumlah sarana olahraga yang representatif baik itu eks PON 2008 maupun pembangunan fasilitas baru di cabang olahraga tertentu.

"Selain sarana yang pernah digunakan untuk PON 2008 kami juga punya sarana baru seperti gedung gulat lengkap dengan asramanya, gedung taekwondo juga dengan asrama, ada lagi gedung anggar, pencak silat dan lainnya, yang semuanya representatif untuk melaksanakan latihan," jelas Zuhdi Yahya.

Ia menyambut baik keinginan Pusat, untuk memberdayakan lagi daerah dalam rangka persiapan Asian Games 2018.

Pasalnya, Kaltim juga pernah melaksanakan pelatnas, untuk sejumlah cabang olahraga seperti Gulat, Karate, Judo dan juga sepak bola.

"Tinggal mekanismenya saja, yang pasti Kaltim siap bila mendapatkan kepercayaan itu," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Olahraga Dispora Kaltim Ego Arifin mengatakan, saat ini sarana olahraga yang tersedia di Kaltim di antaranya komplek Stadion Utama yang berisi sarana atletik, bulu tangkis, senam, bisbol, panjat tebing, dan sepak bola.

Sedangkan di komplek Stadion Madya Sempaja juga tersedia lintasan atletik, lapangan bola dan gedung beladiri.

"Sayangnya untuk hotel atlet saat ini sudah tidak bisa difungsikan, namun kami masih punya asrama atlet yang masih bisa digunakan," jelasnya.

Ketua Bidang Prestasi Perbakin Kaltim, Sarwono Hidayat menambahkan bahwa Kaltim juga punya sarana latihan menembak yang representatif yang berada di wilayah Manggar, Kota Balikpapan.

"Kami secara rutin menggelar kejurnas Piala Gubernur setiap tahunnya, artinya memang sarana kami layak untuk berlatih para atlet nasional," tegasnya. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017