Penajam (ANTARA Kaltim) -  Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menggelar bazar buku murah memperingati Hari Kunjungan Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca 2017.

Pemeran sekaligus penjualan buku murah yang digelar di gedung bundar aula Islamic Center, Kecamatan Penajam tersebut dibuka Wakil Bupati Penajam Paser Utara Mustaqim MZ, Senin.

Mustaqim berharap pameran dan bazar buku dapat dilakukan di seluruh lapisan masyarakat di wilayah Penajam Paser Utara untuk menumbuhkan gemar membaca.

Khususnya lanjut wabup, pameran dan bazar buku tersebut wajib dilaksanakan di tingkat sekolah untuk mengembalikan minat baca anak.

Gerakan Membaca Penajam Paser Utara merupakan tema dari pameran dan bazar buku memperingati Hari Kunjungan Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca 2017 tersebut.

Pemeran dan bazar buku itu menurut Pelaksana tugas Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Penajam Paser Utara M Ridwan Effendi, tidak hanya menjual buku bagi pelajar, namun juga komik dan bacaan ringan bagi remaja dan orang dewasa.

Pemeran dan penjualan buku di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut dibuka setiap hari sampai 14 September 2017.

Selain itu untuk meningkatkan gemar membaca masyarakat, perpustakaan keliling Kabupaten Penajam Paser Utara juga telah menyambangi warga di empat kecamatan minimal dua kali dalam sepekan.

"Program kami, melakukan pendekatan kepada masyarakat agar gemar membaca, dengan mengatur jadwal keliling dengan mengambil kegiatan di hari-hari pasar atau pelayanan Posyandu di masing-masing kecamatan minimal dua kali dalam sepekan," jelas Ridwan Effendi.

Ia menimpali lagi, "kalau yang didatangi mayoritas warganya petani, buku yang disiapkan tentang pertanian dan berbagai macam budidaya, kalau warganya mayoritas nelayan bukunya berkaitan dengan budidaya perikanan, pengelolaan rumput laut dan sebagainya."

Jika yang disambangi lingkungan sekolah tambah Ridwan Effendi, buku yang disiapkan berkaitan dengan pelajaran anak sekolah dan buku cerita, begitu pula di tempat pelayanan Posyandu bacaan yang disiapkan penanganan ibu hamil dan menyusui, perawatan bayi serta buku tentang kesehatan lingkungan keluarga.(Kominfo PPU)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017