Samarinda (ANTARA Kaltim) - Upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 berlangsung khidmat di Stadion  Madya Sempaja Samarinda, Kamis.

Upacara dimulai pada pukul 10.00 Wita dengan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak sebagai inspektur upacara, diikuti 14 peleton pasukan upacara. Sementara itu teks proklamasi dibacakan Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun.

Usai memimpin upacara, Gubernur Awang Faroek Ishak menegaskan peringatan HUT kemerdekaan menjadi momentum tepat untuk meningkatkan semangat kerja nyata secara bersama.

"Kita harus kerja nyata, cerdas dan bersama membangun negara ini terlebih Kaltim agar semakin maju dan sejahtera rakyatnya," tegasnya.

Kerja nyata sesuai cita-cita proklamasi menurut dia, mewujudkan masyarakat Kaltim yang adil dan makmur terlepas dari kemiskinan, kebodohan serta keterisolasian.

Kaltim lanjutnya, terus bersinergi membangun infrastruktur dasar bagi masyarakat baik sandang, pangan dan papan maupun sektor pendidikan dan kesehatan yang berkualitas.

Menurut Awang, kemerdekaan akan lebih bermakna apabila pembangunan ini sudah bisa dirasakan seluruh rakyat Kaltim baik di perkotaan maupun di pedesaan tanpa ada perbedaan.

"Seruan saya agar seluruh jajaran ASN, TNI dan Polri serta komponen masyarakat mari bahu-membahu mewujudkan Kaltim maju, sejahtera dan bermartabat," seru Awang Faroek.

Detik-detik proklamasi dirangkai upacara penaikan bendera Merah Putih dengan pembawa baki bendera duplikat Gheby Novita dan penggerek bendera Niftahul Anam Alfarizi serta pembentang bendera Maulan Agus Jaka Buana. 

Komandan pasukan Paskibra Lettu CPL Tatan Rhistonia Hudianto dan komandan delapan Rizky Nur Sodikin, komandan kelompok tujuh belas Muhammad Taufik Fazrin Iqbal Aning.

Hadir Sekretaris Provinsi Kaltim Dr H Rusmadi, Panglima Kodam VI Mulawarman Mayjen TNI Sonhaji dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Safarudin.

Tampak Kepala Kejaksaaan Tinggi Kaltim Abdul Fadil Zumhana dan Ketua Pengadilan Tinggi Soedarmadji serta Komandan Korem 091 ASN Brigjen TNI Irham Waroihan.

Hadir pula Walikota Samarinda H Syaharie Jaang dan Ketua DPRD Samarinda Alphad Syarif serta asisten dan staf ahli gubernur dan pimpinan OPD Kaltim, tokoh masyarakat dan agama serta pemuda serta ASN.  (*)

Pewarta:

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017