Tana Paser (ANTARA Kaltim)- Masyarakat pesisir di Desa Pasir Mayang, Kecamatan Kuaro, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Rabu, menggelar lomba balapan perahu tradisional.

Sebanyak 43 nelayan dari berbagai desa di daerah pesisir di Kabupaten Paser dan Penajam Paser Utara itu ikut meramaikan lomba yang menjadi bagian acara pesta rakyat daerah pesisir.

Kepala Desa Pasir Mayang Agus Salim mengatakan ajang kali ini adalah lomba ketiga yang digelar setiap tahunnya dan juga menjadi hiburan warga pesisir.

"Para nelayan sudah menganggapnya sebagai hobi, karena bisa menghilangkan kejenuhan juga dan hiburan tersendiri," kata Agus Salim.

Desa Pasir Mayang telah dikenal sebagai desa pembuat kapal atau perahu, sehingga lomba balapan perahu yang digelar diharapkan dapat memperkenalkan desa itu

"Salah satu keuntungan lomba perahu tradisional agar masyarakat lain mengenal Desa Pasir Mayang bahwa di sini ada ada pembuatan kapal di sini," katanya.

Lomba kapal di Desa Pasir Mayang diprakarsai oleh Pemerintah Desa, dalam hal ini Karang Taruna.

Agus berharap kepada Pemerintah Daerah setempat agar menjadikan perlombaan kapal di kalangan masyarakat pesisir itu agar menjadi even tahunan dan diagendakan.

"Harapannya kepada pemerintah agar acara seperti ini diagendakan dan lebih meriah," kata Agus. 

Sementara panitia lomba kapal Rudi mengatakan ada rambu-rambu yang harus dipatuhi pembalap dalam perlombaan tersebut.

"Nelayan atau pembalap, harus mengutamakan keselamatan terlebih dahulu. Bila ada kerusakan pada kapal harap melapor ke panitia. Sehingga tidak mengganggu jalannya perlombaan," kata Rudi. (*)

Pewarta: R Wartono

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017