Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Sekretaris Provinsi Kalimantan Timur Rusmadi meminta peran dan keterlibatan aparatur sipil negara (ASN) di daerah itu untuk menjadi perekat bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Seperti kita ketahui saat ini, semakin marak isu yang mengancam keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa karena masih mempersoalkan perbedaan suku dan agama serta golongan. Disinilah dibutuhkan peran ASN agar dapat menjadi perekat di tengah masyarakat," tutur Rusmadi.

"ASN harus berada di garda terdepan sebagai perekat dalam mempertahankan NKRI. Keterlibatannya sangat penting dalam membangun kesatuan dan persatuan bangsa," katanya.

Setiap aparatur lanjut Rusmadi, wajib memahami bahwa keberagaman dan kemajemukan merupakan potensi dan kekayaan bahkan kekuatan dalam kedaulatan bangsa.

"Karenanya, ASN berkewajiban menyampaikan bagaimana kemajemukan dan keberagaman ini sudah ada sejak awal bahkan sebelum negara Indonesia merdeka," terang Rusmadi.

Selain itu lanjutnya, setiap ASN harus memainkan peranan strategis secara optimal dalam memelihara dan menjaga keutuhan bangsa dan negara di lingkup kerja maupun masyarakat.

"Jadi tidak ada kata lain dan sudah menjadi tekad kita semua bahwa NKRI dan Pancasila adalah falsafah dan nafas hidup berbangsa dan bernegara. Dan itulah adalah harga mati," tegas Rusmadi.

Terlebih tambahnya, peran ASN di wilayah Kabupaten Mahakam Ulu, yang merupakan daerah termuda dan memiliki kawasan perbatasan, pedalaman dan terpencil.

Dengan kondisi kewilayahan dan geografis yang masih sulit dijangkau menurut Rusmadi, menuntut pihak Pemkab Mahakam Ulu harus bekerja ekstra keras dalam memenuhi tuntutan dan kebutuhan dasar masyarakat.

Selain tetap terus berupaya mempertahankan semangat persatuan dan kesatuan bangsa dalam menghadapi isu-isu disintegrasi bangsa ASN di wilayah Kabupaten Mahulu kata Rusmadi harus bekerja eksta dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat khususnya terkait infrastruktur.

"Kabupaten Mahakam Ulu merupakan pemekaran yang kondisinya masih jauh tertinggal dengan kabupaten dan kota lainnya di Kaltim apalagi berbatasan langsung dengan Malaysia, sehingga dibutuhkan kerja keras ASN disana untuk terus membangun rasa nasionalisme disamping juga memperjuangkan kebutuhan dasar masyarakat ," jelasnya.

"Kondisi masyarakat disana menjadi tantangan tersendiri dan harus menjadi sinergi anatara Pemprov Kaltim bersama Pemkab Mahakam Ulu untuk mengantisipasinya. Majunya Mahakam Ulu adalah penentu majunya Provinsi Kaltim," ucap Rusmadi.(*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017