Samarinda (ANTARA Kaltim) - Kota Bontang, Kalimantan Timur, memiliki objek vital kelas internasional yang harus dijaga oleh jajaran TNI, karena di lokasi itu terdapat kilang minyak dan gas dengan kapasitas besar sehingga tingkat keamanannya harus ketat.

"Di Bontang terdapat objek vital yang bukan hanya lokal Kalimantan atau nasional, namun merupakan objek vital internasional karena keberadaannya sudah mendunia," ujar Komandan Korem 091/Aji Surya Natakesuma Kolonel Inf Irham Waroihan di Samarinda, Jumat.

Hal itu dikatakan Irham dalam sambutanya ketika memimpin serah terima jabatan Komandan Kodim 0908/Bontang, yang digelar di Hall Markas Korem 091/ASN Samarinda.

Serah terima jabatan dilakukan oleh Komandan Kodim 0908/Bontang Letkol Inf Rio Akmal Syahbana kepada Letkol Arh Gunawan Wibisono.

Irham melanjutkan, mengingat di Bontang terdapat objek vital yang berharga, maka pihaknya memilih Dandim terbaik di wilayah itu. Dari pimpinan juga mencarikan komandan-komandan Kodim yang mempunyai kualifikasi terbaik mengingat kompleksnya permasalahan di Bontang.

Sedangkan acara pokok dalam serah terima jabatan itu adalah penyematan tanda pangkat dan tanda jabatan komandan, diteruskan dengan penyerahan tongkat komando yang dilakukan oleh Danrem 091/ASN Irham Waroihan.

Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan naskah serah terima jabatan Komandan Kodim, penandatanganan Pakta Integritas.

Setelah acara pokok, dilanjutkan dengan tradisi penciuman Dhuaja Korem 091/ASN oleh masing-masing pejabat baru maupun pejabat yang digantikan.

Irham melanjutkan, Kodim 0908/Bontang sebagai salah satu satuan teritorial yang ada di jajaran Korem 091/Aji Surya Natakesuma, juga memikul peran dan tanggung jawab yang besar, terutama dalam upaya menjamin integritas wilayah.

"Tugas ini harus diemban untuk membantu pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan daerah, khususnya di wilayah Bontang," ucapnya.

Danrem juga mengharapkan Komandan Kodim 0908/Bontang yang baru menjabat, bersama jajarannya dapat terus meningkatkan budaya dialog dan memperteguh budaya kerjasama yang positif agar terjalin hubungan harmonis dengan masyarakat.

Serah terima jabatan ini dihadiri para Kasi Korem 091/ASN, para Dandim Jajaran Korem 091/ASN, para Komandan atau Kabalak Aju Rem 091/ASN, dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 091 PD VI/ Mulawarman serta segenap pengurus cabang. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017