Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Paser Ina Rosana mengatakan, tingkat konsumsi ikan di daerah itu pada 2016 mencapai 53 kilogram perkapita per tahun.

"Tingkat konsumsi ikan itu meningkat dibandingkan pada 2015 yang mencapai 51 kilogram perkapita pertahun," kata Ina Rosana di Tanah Grogot, Selasa.

Tingkat konsumsi tersebut menurut Ina Rosana, lebih besar dibanding tingkat konsumsi ikan yang ditetapkan Pemprov Kaltim.

"Tingkat konsumsi ikan di Kaltim hanya 47 kilogram perkapita per tahun sehingga angka itu lebih rendah dibanding konsumsi ikan di Kabupaten Paser," terang Ina Rosana.

Tingkat konsumsi ikan di Paser juga lanjut ia, melebihi tingkat konsumi ikan yang ditetapkan pemerintah pusat secara nasional yakni 43 kilogram perkapita per tahun.

Pemkab Paser kata Ina, saat ini telah membentuk Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan).

"Forum ini sebagai wadah koordinasi untuk lebih mengefektifkan dan mendorong peningkatan konsumsi ikan di Kabupaten Paser," tutur Ina Rosana.

Tingkat konsumsi ikan tambah Ina Rosana, sebagai pendorong produksi perikanan dan daya tangkap para nelayan di Kabupaten Paser.

"Selain itu juga dengan tingkat konsumsi ikan yang tinggi, diharapkan berimbas pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat serta sebagai pendorong peningkatan kualitas SDM melalui asupan protein yang bersumber dari ikan," jelas Ina Rosana.      (*)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017