Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Provinsi Kalimantan Timur Meiliana menyatakan, kuota haji bagi daerah itu pada tahun ini bertambah menjadi 15 kelompok terbang atau kloter.

"Berkat kerja sama yang baik antara Pemerintah Indonesia dengan Kerajaan Arab Saudi, kuota haji Provinsi Kaltim bertambah menjadi 15 dari sebelumnya 12 kloter," kata Meiliana, pada Rakor Penetapan Kuota Haji se-Kaltim dan Kalimantan Utara, di Samarinda, Selasa.

Ia merinci, dari 15 kloter tersebut, kuota jamaah calon haji yang akan berangkat berjumlah 3.012 orang yang terdiri, sebanyak 2.987 orang untuk jamaah calon haji dan 25 orang untuk Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Kaltim dan Kaltara.

"Pemprov Kaltim sangat bersyukur atas kebijakan tersebut. Artinya, dengan adanya penambahan ini, masyarakat merasa senang karena, awalnya jamaah calon haji yang usia tua diutamakan. Berkat penambahan ini, maka mereka yang tidak berkesempatan akan memiliki kesempatan, khususnya mereka yang masih usia muda," terang Meiliana.

Dengan adanya penambahan tersebut lanjut Meiliana, maka kuota jamaah calon haji Kaltim kembali pada 2012 yang mendapat porsi 15 kloter.

"Pemprov Kaltim, mendukung apa yang menjadi kebijakan Kementerian Agama termasuk kelancaran pemberangkatan kloter haji juga akan dipersiapkan dari sekarang," kata Meiliana.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kaltim H Saifi juga mengaku bersyukur atas pengembalian jumlah kuota kloter jamaah haji Kaltim tahun ini.

Ia mengatakan, dari Embarkasi Balikpapan, kloter tersebut meliputi jamaah calon haji dari Kaltim, Kaltara, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah.

"Kami berharap, dengan bertambah kuota ini, pelayanan kami juga semakin baik," tutur Saifi. (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017