Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kabupaten Paser mendapatkan penghargaan dari Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak untuk tujuh kategori di bidang perikanan.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Paser Ina Rosana, Selasa menyatakan, penghargaan tersebut diberikan langsung Gubernur Kaltim di gedung Olah Bebaya Lamin Etam, Samarinda, Selasa.

Penghargaan yang diraih Pemkab Paser itu kata Ina Rosana, diberikan kepada tiga Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan), tiga Unit Perbenihan Rakyat (UPR) dan satu Kelompok Pengawas Masyarakat (Pokmaswas).

"Ketiga pokdakan yang mendapat penghargaan yakni, Pokdakan Family, Desa Pondong Baru, Kecamatan Kuaro, Pokdakan pembesaran ikan lele Sangkuriang, Desa Tapis, Kecamatan Tanah Grogot dan Pokdakan Tumbuh Subur, Desa Bai Jaya, Kecamatan Batu Engau," kata Ina Rosana.

"Pokdakan Family mendapat penghargaan sebagai budidaya air laut terbaik, Pokdakan Desa Tapis untuk kategori pembesaran ikan lele Sangkuriang terbaik serta Pokdakan Tumbuh Subur Desa Bai Jaya untuk kategori budidaya air payau terbaik," terangnya.

Untuk UPR yang mendapat penghargaan lanjut Ina Rosana yakni, UPR Sumber Rejeki Desa Padang Pangrapat Kecamatan Tanah Grogot, UPR Mitra Tirta Mas dan UPR Suka Maju Desa Krayan Bahagia Kecamatan Long Ikis.

UPR Sumber Rejeki tambahnya, mendapat penghargaan kategori pembudidaya ikan nila gift terbaik, UPR Mitra Tirta Mas untuk pembudidaya ikan koi terbaik dan UPR Suka Maju untuk kategori pembenihan ikan air tawar terbaik.

Sedangkan untuk Pokmaswas Atang Kandilo kata Ina Rosana, mendapat penghargaan di bidang pokmaswas terbaik.

"Pokmaswas merupakan sebuah kelompok masyarakat yang berperan aktif melakukan pengawasan perikanan. Misalnya, ada yang menggunakan racun atau bom, pokmaswas inilah yang melarang dan melaporkan ke dinas perikanan," jelas Ina Rosana.

Dengan diberikannya ketujuh penghargaan tersebut lanjut ia, Dinas Perikanan Kabupaten Paser harus dapat meningkatkan pembinaan kepada pokdakan dan pokmaswas.

"Ke depan, Dinas Perikanan Paser diharap bisa meningkatkan produksi perikanan dan ekspor. Kepada Pokdakan dan Pokmaswas, saya apresiasi atas penghargaan kepada mereka sebab mereka memiliki keunggulan dari sisi manajarial kelompok yang sudah berjalan dengan baik sehingga usahanya juga dapat berkembang," ujar Ina Rosana.      (*)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017