Penajam (ANTARA Kaltim) - Kecamatan Babulu berhasil keluar sebagai juara umum pada Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ ke-13 tingkat Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yang digelar pada 22-27 Februari di Kecamatan Waru.

Penyerahan piala bergilir sebagai juara umum diserahkan Wakil Bupati Penajam Paser Utara Mustaqim MZ kepada Camat Babulu Andi Trisaldi, pada acara penutupan yang digelar Senin (27/2).

Acara penutupan tersebut dihadiri unsur muspida dan para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara serta seluruh kafilah dari empat kecamatan.

Sementara itu, Wabup Mustaqim meminta kepada peserta yang mendapat juara umum untuk terus meningkatkan kemampuan untuk mewakili Kabupaten Penajam Paser Utara pada MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Timur.

Mustaqim mengingatkan, bahwa MTQ bukan sekedar ajang mencari juara terbaik dan berkualitas, namun yang utama pada qari dan qariah mampu memhamai serta mengamalkan dan menerapkan kandungan AL Quran dalam kehidupan sehari-hari.

"Melalui MTQ tumbuhkan benih-benih generasi Qurani, generasi muda yang religius sesuai amanat membangun masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara yang sejahtera dan mandiri berkualitas dalan suasana kehidupan damai, berkeadilan dan agamis," jelasnya.

Mustaqim menimpali memilki sikap toleransi menjaga harmonisasi dalam kebhinekaan merupaka revolusi mental untuk mewujudkan Kabupaten Penajam Paser Utara yang sejahtera dan berkeadilan, dan sanggup menjadi pelopor menjaga keutuhan Republik Indonesia.

Ketua Umum Lembaqa Pengembangan Tilawatil Quran atau LPTQ Kabupaten Penajam Paser Utara melaporkan cabang yang diperlombakan pada MTQ ke-13 ada tujuh cabang yang telah diselenggarakan

"Pada setiap cabang yang diperlombakan peserta diseleksi dengan baik, sehingga menghasilkan juara umum yang siap untuk bersaing pada MTQ tingkat Provinsi Kaltim," ujarnya.

Menurut Alimuddin yang juga sebagai Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara, MTQ ke-39 tingkat Provinsi Kalimantan Timur, akan digelar pada 13-22 Mei 2017 di Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Kami telah mempersiapkan pelatihan dan pembinaan kepada seluruh peserta yang terpilih menjadi wakil mengikuti MTQ tingkat Provinsi Kaltim itu," tambahnya. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017