Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak meminta perbankan di daerah ini agar membantu menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) untuk mengembangkan ekonomi.

"Saat ini, terjadi perlambatan ekonomi akibat pengaruh lingkungan strategis secara global, sehingga peran dan partisipasi perbankan dalam pelaksanaan pembangunan, khususnya dalam pertumbuhan ekonomi di Kaltim sangat diharapkan," kata Awang Faroek, di Samarinda, Senin

Peran perbankan, katanya lagi, sangat diharapkan untuk terus digalakkan di seluruh pelosok di Tanah Air termasuk di Kaltim, dalam pengembangan perekonomian masyarakat di perdesaan melalui pengembangan ekonomi dengan dukungan kredit usaha rakyat atau KUR itu.

Apalagi saat ini, lanjutnya, terjadi penurunan harga batu bara, dan harga crude palm oil (CPO) sangat mempengaruhi pertumbuhan perekonomian di Kaltim, sehingga menjadi keprihatian yang harus dicarikan solusinya untuk memacu pertumbuhan ekonomi.

"Karena itu, perbankan harus banyak memberikan KUR untuk sektor usaha kecil menengah sebagai upaya dalam peningkatan dan pengembangan usaha bukan saja di perkotaan, tetapi juga sampai di perdesaan sehingga perekonomian masyarakat bisa terangkat yang berimbas pada peningkatan kesejahteraan," kata Awang Faroek pula.

Gubernur juga mengajak semua perbankan di Kaltim, baik milik pemerintah maupun swasta, untuk bersama-sama memacu perekonomian di daerah itu dengan memberikan kesempatan berbagai sektor kerja yang bisa menciptakan lapangan pekerjaan di tengah masyarakat.

"Kami memberikan apresiasi kepada perbankan di Kaltim, khususnya BNI yang telah berpartisipasi dalam pembangunan di Kaltim melalui KUR. Karena itu, apa yang telah dilakukan kiranya terus dilanjutkan dan ditingkatkan," ujar dia lagi.

Sebelumnya, Sabtu (25/2) Gubernur Kaltim mengikuti penarikan undian rezeki BNI Taplus wilayah Kalimantan periode III yang dilaksanakan di Atrium Big Mall Samarinda.

Pada kegiatan tersebut pimpinan kantor BNI Wilayah Kalimantan Muhammad Jufri mengatakan, penarikan undian rezeki BNI Taplus periode III Wilayah Kalimantan adalah apresiasi kepada para nasabah di wilayah Kalimantan, khususnya di Kaltim yang setia menjadi nasabah BNI.

"Bentuk apresiasi yang kami berikan berupa pengundian 18 unit sepeda motor, sesuai dengan jumlah 18 cabang BNI yang ada di seluruh wilayah Kalimantan, kemudian satu unit mobil serta puluhan hadiah doorprize lainnya. Kegiatan ini merupakan periode III yang dilaksanakan setiap dua bulan," kata Muhammad Jufri.(*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017