Penajam (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran ke-39 tingkat Provinsi Kalimantan Timur yang digelar pada Mei 2017.

"Penajam Paser Utara telah mempersiapkan sarana dan prasarana untuk pelaksanaan MTQ itu," kata Bupati Penajam Paser Utara Yusran Aspar ketika dihubungi, Sabtu.

Yusran optimistis persiapan pelaksanaan MTQ Kaltim dapat diselasaikan tepat waktu dan meyakini MTQ mendatang akan menjadi ajang terbaik se-Kalimantan Timur.

Kendati sejumlah lokasi masih dalam tahap pembangunan, Bupati memastikan persiapan pelaksanaan MTQ dapat rampung tepat waktu.

Yusran yakin pengerjaan Masjid Agung di Kilometer 9 Nipah-Nipah yang akan digunakan sebagai arena utama MTQ dapat rampung sesuai jadwal.

"Saya targetkan proyek pembangunan Masjid Agung itu selesai sebelum Mei 2017, yang hingga kini pengerjaannya sudah mencapai 90 persen," tegasnya.

Untuk arena lainnya, seperti Islamic Center, pengerjaannya juga sudah 90 persen siap digunakan untuk MTQ. Selain itu, sarana prasarana penunjang utama lainnya, seperti listrik dan air sudah terpasang dengan baik.

Bahkan, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara memasang travo listrik dengan kapasitas 179 KVA untuk pasokan listrik selama kegiatan MTQ.

Dana penyelenggaraan MTQ ke-39 pada 2017 mencapai Rp12 miliar, yang bersumber dari APBD Kaltim sebesar Rp4 miliar, sementara dari APBD Penajam Paser Utara sebesar Rp8 milar.

Anggaran penyelenggaraan sebesar Rp12 miliar itu, di antaranya untuk biaya operasional, pembayaran honor, pemondokan peserta dan dewan hakim, dan juga hadiah bagi pemenang.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara terus melakukan persiapan agar pelaksanaan MTQ ke-39 Provinsi Kaltim berlangsung sukses. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017