Samarinda (ANTARA Kaltim) - Setelah memiliki instalasi kedokteran nuklir dan alat tes diagnostik jantung, tahun ini RSUD AWS juga bertekad untuk memiliki alat pendiagnosa tumor atau kanker. Nantinya, alat tersebut bukan hanya untuk mendiagnosa dan mengobati, tetapi sekaligus menjadi alat terapi penderita tumor atau kanker.

Jika alat ini ada di RUSD AWS, maka secara otomatis rumah sakit ini akan menjadi satu-satunya rumah sakit di luar Pulau Jawa yang memiliki alat tersebut.

"ita harapkan RSUD AWS mampu menjadi rujukan di luar Pulau Jawa untuk pengobatan dan terapi kanker atau tumor di Indonesia bagian tengah," kata Direktur RSUD AWS dr Rachim Dinata Marsidi, Selasa (21/2).

Didatangkan dari Amerika Serikat, direncanakan alat tersebut tahun ini sudah hadir di RSUD AWS. Sedangkan tenaga yang akan mengoperasikan alat tersebut juga telah disiapkan. Alat tersebut biasa disebut Positron Emission Tomography-Computed Tomography (PET-CT).

"Karena itu, dengan alat ini maka RSUD AWS dapat menjadi rumah sakit unggulan di Indonesia Bagian Tengah. Alat tersebut saat ini hanya ada di rumah sakit Gading Pluit maupun RS MRCCC Siloam Semanggi," jelasnya. (Humas Prov Kaltim/jay)

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017