Penajam (ANTARA kaltim) -  Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Mustaqim MZ memimpin aksi bersih-bersih sepanjang pantai di daerah setempat memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2017.

Aksi bersih-bersih pantai tersebut di pusatkan di Pantai Corong, Pantai Dermaga, Pantai Tanjung Jumlai, hutan bakau serta pelabuhan feri, "speedboat" dan klotok.

"Kalau pantai dan hutan bakau bersih dapat merasakan indahnya dan segarnya suasana, serta semilirnya angin dan dampak kebersihan lingkungan," ujar Wabup Mustaqim disela-sela aksi bersih-bersih, Jumat.

Aksi bersih-bersih ini menurut ia, gerakan awal bagi masyarakat Penajam Paser Utara untuk selalu melakukan gerakan bersih-bersih sampah sebagai tindak lanjut mempertahankan prestasi di Bidang Kebersihan.

"Mari bersama-sama lanjutkan gerakan bersih-bersih ini, lakukan gerakan bersih-bersih di lingkungan rumah tangga, instansi, perkantoran, sekolah dan linkungan pasar, jadi pemerintah kabupaten bisa mempertahankan Piala Adipura yang telah diraih sebanyak 3 kali," kata Mustaqim.

Komandan Kodim 0913 Penajam Paser Utara Letkol Cz1 Dwi Imam Subagiyo yang ikut pada aksi bersih-bersih itu menambahkan aksi bersih-bersih merupakan kagiatan yang sangat baik, di mana sejumlah instansi pemerintah dan TNI-Polri ikut dalam kegiatan tersebut.

"TNI setiap Jumat rutin melakukan kerja bakti untuk membantu masyarakat untuk membersihkan lingkungan," ucapnya.

Kasawan wisata lanjut Dwi Imam Subagiyo, patut untuk dijaga kebersihannya, agar wisatawan dapat menikmati keindahan dan kenyamanan kawasan wisata itu karena kebersihannya selalu terjaga.

Dia menimpali lagi, "obyek wisata yang dikelola dengan baik dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,".

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Lingkugan Hidup Kabupaten Penajam Paser Utara Wahyudi Nuryadi mengatakan berkenaan dengan peringatan Hari Sampah Nasional pemerintah pusay menginstruksikan daerah yang memiliki bentangan pantai untuk melakukan aksi bersih-bersih pantai.

"Berkaitan kebersihan semua daerah diimbau untuk melakukan aksi bersih-bersih lingkungan di daerahnya masing-masing," tambahnya.

Aksi bersih-bersih tersebut diikuti seluruh SKPD (satuan kerja perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kodim 0913 dan Polres Penajam Paser Utara.

Selain itu juga ikut Komunitas Peduli Sampah, Komunitas Bank Sampah, Pramuka Saka Kapaltaru, Sakawana Bakti dan kelompok masyarakat lainnya di Kabupaten Penajam Paser Utara.(*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017