Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Paser, meluncurkan mobil dapur umum lapangan atau dumlap, guna membantu penanggulangan jika terjadi bencana di daerah itu.

Peluncuran mobil dapur umum lapangan itu dilakukan di halaman Masjid Agung Nurul Falah Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Jumat.

Peluncuran tersebut juga diwarnai bakti sosial berupa bersih-bersih sampah di sekitar Masjid Agung Nurul Falah Tanah Grogot yang dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Aji Sayid Fatur Rahman dan Kepala Dinsos Amiruddin.

"Selain membantu tim penanggulangan bencana, saya harapkan mobil dumlap ini dapat juga dipergunakan untuk kegiatan bakti sosial lainnya," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Aji Sayid Fatur Rahman, pada peluncuran mobil dapur umum lapangan.

Sehingga kata Fatur Rahman, mobil dapur umum lapangan tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal, selama tidak terjadi bencana di daerah itu.

"Selama tidak ada bencana, mobil dapur umum lapangan diharapkan dapat bermanfaat secara optimal," tutur Fatur Rahman.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Paser Amiruddin menerangkan, selain mobil dapur umum lapangan itu, Dinsos setempat juga mendapatkan bantuan satu unit sepeda motor dari Kementerian Sosial.

"Bantuan motor itu dipergunakan untuk mobilisasi petugas saat bencana maupun bakti sosial, guna menunjang fungsi mobil dapur umum lapangan itu sendiri," ucap Amiruddin.

Mobil dapur umum lapangan kata Amiruddin, dilengkapi peralatan masak dengan fasilitas rak ditunjang empat buah gas elpiji.

"Mobil dapur umum lapangan juga dilengkapi dengan `freezer` atau pendingin air. Aliran listrik, mobil itu melalui genset bahkan juga tersedia kabel listrik," ujar Amiruddin.

Mobil dapur umum lapangan lanjut Amiruddin, dioperasikan oleh 40 Taruna Siaga Bencana (Tagana), 10 tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan 18 anggota Program Keluarga Harapan, yang kesemuanya itu merupakan mitra dari Dinas Sosial Paser.

"Mereka yang akan membantu Dinas Sosial Paser mengoperasikan mobil dapur umum lapangan saat bencana dan bakti sosial," jelasnya.

Untuk menunjang mobil dapur umum lapangan saat terjadinya bencana, Kementerian Sosial lanjutnya juga memberikan fasilitas dua tangki air fleksibel yang bisa dilipat dan disimpan di dalam mobil tersebut.

"Ada dua tangki air elastis dan fleksibel yang bisa menampung air sebanyak 500 liter dan 1.500 liter. Dengan adanya tangki air tersebut juga akan bermanfaat bagi korban bencana yang membutuhkan pasokan air bersih," tutur Amiruddin.       (*)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016