Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 450 peserta mengikuti "One Day Adventure Trail" atau bertualang sehari dengan sepeda motor trail Jelajah Alam Muara Badak atau Jebak ke-2.

Jelajah Alam Muara Badak ke-2 tersebut dilepas Wakil Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah, di lapangan Mutiara Desa Gas Alam kecamatan Muara Badak, Sabtu (19/11).

Dalam sambutannya, Edy Damansyah mengatakan, kegiatan tersebut merupakan ajang silaturahmi para pehobi motor trail serta mempererat kekompakan dan persatuan komunitas pecinta trail.

"Kegiatan ini juga dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Muara Badak, contohnya terlihat dari usaha penginapan dan rumah makan yang kedatangan tamu lebih banyak dengan adanya acara ini," ujar Edi Damansyah.

Wabub berharap, Jelajah Alam Muara Badak menjadi agenda tahunan rutin di Muara Badak.

Pada kesempatan itu, Edi Damansyah menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kecamatan Muara Badak dan unsur forum koodinasi pimpinan kecamatan, panitia, peserta, pendukung acara tersebut serta masyarakat di daerah itu atas berlangsungnya kegiatan tersebut.

Edi Damansyah yang juga pecinta motor trail dan ikut serta pada kegiatan itu, berpesan kepada peserta untuk menunjukkan bahwa biker atau rider memiliki komitmen untuk tertib dan santun di jalan raya, serta mencintai alam.

Sementara, Camat Mauara Badak Arfan Boma yang juga merupakan panitia acara tersebut mengatakan, Jebak ke-2 dilaksanakan dalam rangka memeriahkan hari jadi ke-52 Kecamatan Muara Badak.

Tahun ini lanjut dia, Jebak diikuti 450 lebih peserta dari komunitas penggemar trail berbagai kabupaten/kota se- Kaltim.

"Jebak tahun ini juga diikuti rekan-rekan kita dari Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan," ujarnya.

Boma juga berterimkasih kepada peserta yang mengikuti kegiatan itu, serta mengapresiasi para sponsor yang mensukeskan Jebak ke-2 tersebut, termasuk panitia dan masyarakat Muara Badak yang menunjukkan keramahannya.

Acara tersebut juga dihadiri dan diikuti Pelaksana tugas Kepala Dispora Kutai Kartanegara Tajuddin, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kukar H Sukhrawardy, Ketua DPRD Kutim Ketua DPRD Kutim Mahyunadi, perwakilan manajemen VICO Indonesia Muara Badak, serta manajemen perusahaan lainnya.

Pada Jebak ke-2 tersbeut, peserta melintasi rute sepanjang 40 kilometer yang terbagi dalam empat zona dengan masing-masing zona memiliki karakter tersendiri mulai dari tanjakan dan turunan yang cukup ekstrim, lintasan berlumpur, hingga melintasi akar-akar pepohonan.   (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016