Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Mantan Wakil Ketua PSSI Erwin Dwi Budiawan ditunjuk Federasi Sepak Bola Asian Tenggara (AFF) sebagai ketua delegasi pada perhelatan Turnamen Piala AFF 2016 di Myanmar dan Filipina.

Dihubungi dari Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis, Erwin mengatakan dirinya mendapat tugas khusus menjadi ketua delegasi pada pertandingan grup B yang berlangsung di Yangon, Myanmar, 18-27 November 2016.

"Awalnya tanggal 31 Oktober 2016 saya dihubungi oleh Dato` Sri Azzudin (Sekretaris Jenderal AFF). Beliau memberitahukan bahwa saya diminta oleh AFF agar bersedia ditunjuk sebagai AFF Head of Delegation untuk Suzuki Cup 2016 pada grup B di Yangon, Myanmar," ujarnya.

Menurut ia, tugas yang diembannya karena kepercayaan federasi sepak bola dunia khususnya wilayah Asia Tenggara terkait kiprah sepak bola Indonesia, setelah dicabutnya sanksi dari FIFA.

Pada sisi lain, keterlibatan Indonesia menjalin komunikasi dengan federasi sepak bola dunia juga sangat penting, sebagai upaya untuk memajukan persepakbolaan Indonesia di era mendatang.

"Kita bisa serap ilmu perkembangan sepak bola, selain juga kita bisa menjalin kerja sama dengan federasi negara lain," jelasnya.

Erwin menjelaskan tugas utamanya adalah sebagai perwakilan AFF dan berkoordinasi dengan panitia turnamen setempat untuk memonitor pertandingan grup B Suzuki Cup 2016.

Ia juga telah berkoordinasi terlebih dahulu dengan pengurus PSSI terpilih usai kongres PSSI di Jakarta pada 10 November 2016 mengenai penunjukan dirinya sebagai delegasi AFF.

"Saya meminta waktu lebih dahulu kepada Dato` Azzuddin untuk memutuskan, karena saat itu sedang persiapan kongres PSSI, sekalian juga meminta saran dari pengurus PSSI yang baru," tambahnya.

"Setelah pemilihan, saya langsung berkoordinasi dengan Ketua Umum PSSI terpilih Bapak Edy Rahmayadi dan Bapak Joko Driyono (Wakil Ketua) mengenai penunjukan saya sebagai ketua delegasi. Beliau berdua memberi izin saya untuk menjalankan tugas dari AFF itu," katanya.

Turnamen AFF Suzuki Cup 2016 terbagi dalam dua grup, masing-masing Grup A terdiri dari tuan rumah Filipina, Thailand, Singapura, dan Indonesia. Sedangkan di Grup B terdapat Malaysia, Vietnam, Kamboja, dan tuan rumah Myanmar. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016