Suara Samarinda - TNI Angkatan Darat beberapa waktu lalu telah  mencanangkan program gerakan masyarakat membangun satu juta jamban untuk keluarga di seluruh Indonesia. Program  tersebut dinamakan Gema Sang Juara diperuntukan  bagi warga yang belum memiliki jamban.

"Ada beberapa jamban atau toilet yang sudah kami bangun, terutama di wilayah Kecamatan Samarinda Ulu ada tiga yang sudah terbangun," kata Dandim 0901 Letkol Inf Sriyono diwakili Danramil Samarinda Ulu Mayor Inf Eko Budi P saat melakukan pertemuan dengan warga di Pos Yandu Lansia di RT 13 Kecamatan Samarinda Ulu, Kelurahan Air Putih, Kamis (6/10).

Ia mengatakan dengan gerakan satu  juta jamban  diharapkan bisa mengurangi kebiasan keluarga  yang tidak mampu di wilayah tertentu yang masih membuang kotorannya di sembarang tempat, karena belum memiliki jamban. Satu jamban untuk satu keluarga.

Danramil Samarinda Ulu Mayor Inf Eko Budi P menjelaskan  Koramil diminta membangun 12 jamban per semester atau per 6 bulan. Sampai saat ini sudah ada tiga unit jamban  yang sudah terbangun untuk warga kurang mampu, salah satunya di lokasi Posyandu Lansia di Jalan P Suryanata,RT 13 Kelurahan Air Putih.

Ia menambahkan biasanya sebelum dilakukan pembangunan disalah satu rumah warga, tentunya Babinsa telah melakukan pendataan, kalau masuk kategori layak dibantu, maka segera dibantu.

"Kami mengucapkan terima kasih  kepada warga dan Pemkot Samarinda,  terutama pihak kelurahan yang secara bersama-sama mendukung program TNI," kata  Mayor Inf Eko Budi P.

Pada kesempatan yang sama juga Lurah Air Putih Hj Nur Aida mengaku, senang dengan adanya program  satu juta jamban oleh TNI  yang dapat membantu warga  yang tidak mampu.

“ Kami berterima kasih dengan bapak-bapak TNI, karena  beberapa rumah warga  dan  Posyandu Lansia Graha Indah akhirnya punya jamban sendiri, Apalagi Ketua RT 13 selalu melakukan komunikasi," katanya.


Sementara Ketua RT 13 Graha Indah,Tumijo mengatakan, apa yang dilakukan ini lebih kepada upaya memberdayakan keberadaan Posyandu Lansia. Jumlah lansia atau lanjut usia di kawasan Graha Indah cukup banyak. Makanya, dengan dilengkapi jamban, sangat membantu peningkatan pelayanan Posyandu Lansia,”ujarnya.
 
“Kami juga berterima kasih kepada jajaran Koramil Samarinda Ulu dan Lurah  Air Putih yang peduli dengan keberadaan Posyandu Lansia Graha Indah,” Kata Tumijo.(*)

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016