Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Wakil Gubernur Kalimantan Timur HM Mukmin Faisyal HP, menyambut kedatangan jamaah haji Kloter 11 di Embarkasi Balikpapan, Selasa.

Rombongan jamaah haji kelompok terbang 11 yang berjumlah 358 orang tersebut, merupakan gabungan dari Kota Samarinda, Kota Balikpapan, dan Kabupaten Kutai Barat, serta Provinsi Sulawesi Utara.

"Kami meminta kepada panitia penyelenggara ibadah haji di Kaltim, untuk terus meningkatkan pelayanan sehingga tingkat kepuasan konsumen bertambah, baik saat keberangkatan maupun ketika kembali ke tanah air," kata Mukmin Faisyal.

Layanan kepada jamaah haji menurut Mukmin Faisyal, juga diberikan dalam bentuk pembinaan serta perlindungan, agar kegiatan ibadah haji berjalan dengan tertib, aman lancar dan nyaman sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

"Karena proses keberangkatan dan pemulangan jamaah haji merupakan rangkaian panjang yang cukup berat namun mulia dan melibatkan banyak pihak dan orang, termasuk sejumlah intansi terkait, sehingga perlu persiapan dan kesiapan kita semua," jelas Mukmin Faisyal.

Ia juga berpesan kepada para jamaah haji, agar terus memelihara kemabruran dan kemaqbulan hajinya, dengan menjaga diri dan menjauhi segala perbuatan yang dilarang Allah.

"Tingkatkan kualitas `Hablumminallah" (hubungan manusia dengan Allah) seperti ibadah sholat, zakat dan ibadah lainnya serta `Hablumminnas` (hubungan manusia dengan sesama manusia), yakni hubungan sosial kemasyarakatan dan lain sebagainya," ucap Mukmin Faisyal.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kaltim H Saifi mengatakan, keberangkatan haji yang telah dilaksanakan sejak 9-26 Agustus, kemudian pemulangan telah berjalan sejak 18 September sampai 5 Oktober 2016.

Embarkasi Balikpapan kata Saifi, yang juga Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah haji (PPIH) Kaltim, tahun ini telah memberangkatkan jamaah haji dan petugas jemaah haji dari empat provinsi yakni, Kaltim, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah serta Sulawesi Utara dengan 4.248 jamaah haji.

Sebanyak 4.248 jamaah itu lanjutnya, terdiri, Kaltim dan Kaltara enam kloter dengan 2.238 jamaah, Sulawesi Tengah empat kloter dengan sebanyak 1.401 jemaah dan dua kloter jamaah asal Sulawesi Utara dengan 549 jamaah.

"Sampai hari ini, jamaah haji yang sudah tiba di Embarkasi Balikpapan sudah 11 kloter dengan 3.913 jamaah. Masih tersisa 1 kloter yaitu kloter 12 dengan jumlah 328 jamaah, yang akan tiba besok (Rabu) sekitar pukul 19.35 Wita," kata Saifi.

Pada kesempatan itu, Mukmin Faisyal HP menyaksikan penyerahan secara simbolis jamaah haji kloter 11 dari PPHI Embarkasi Balikpapan kepada TPIH asal Kota Samarinda. (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016