Samarinda (ANTARA Kaltim) - Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kaltim, Selamat Ari Wiibowo mengatakan pemutusan hubungan kerja (PHK) yang terjadi pada setiap daerah ini tentu menjadi pukulan keras bagi para pegawai.
 
Pencarian kerja pun terbilang sukar pada saat ini. Sementara angka pengangguran dibarengi kriminalistas terus meningkat. Sebab itu, masyarakat tidak boleh sepenuhnya menggantungkan diri kepada pemerintah dan harus berbenah sedemikian rupa saling bersinergi menggerakkan perekonomian daerah.

"Kriminalitas pada setiap daerah kabupaten/kota terus meningkat. Angka pengangguran pun terbilang tinggi. Terlebih pasar bebas ASEAN telah berlaku awal tahun 2016 ini masyarakat harus bekerja keras meningkatkan kualitas dan perubahan untuk daerah agar posisi tidak tergantikan oleh warga asing," kata Selamat.

Jumlah kuota pencari kerja dengan sebuah lapangan pekerjaan pun tidak sebanding. Area lapangan kerja perlu penambahan, agar pengangguran pada setiap daerah kabupaten/kota dapat terserap secara menyeluruh.

Sementara itu, Balai Latihan Kerja (BLK) wajib ada untuk melatih masyarakat menjadi terampil agar siap memasuki dunia kerja. Suatu daerah dapat dikatakan maju ketika masyarakat pada daerah itu memiliki pola pikir dewasa mampu mengembangkan diri dan melihat peluang dengan baik serta memiliki kemampuan dan komitemen tinggi menanamkan kepada diri untuk tidak mengandalkan orang lain.

Saat ini, generasi muda diharapkan dapat menciptakan sebuah karya terbaik dan mengembangkan potensi yang dimiliki melalui wirausaha.

Banyak sekali, kata Selamat, ditemui anak muda mengeluh ketika menjajaki dunia usaha. Padahal kegagalan adalah sebuah proses untuk mencapai tujuan untuk sukses melangkah maju ke depan. Generasi muda tidak boleh takut menghadapi rintangan sebagai perintis menjajaki dunia usaha. Atas dasar itu, generasi muda harus terus bergerak maju kedepan menghasilkan sebuah karya terbaik terbukanya sebuah lapangan pekerjaan.

"Pelaku usaha secara tidak langsung dapat membantu pemerintah dalam hal menggerakkan perekonomian daerah. Penyerapan pengangguran dapat mengatasi permasalahan daerah, terlebih saat ini tengah terjadi PHK besar-besaran," kata politikus Partai Kebangkitan Bangsa. (Humas DPRD Kaltim/adv)

Pewarta:

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016