Samarinda (ANTARA Kaltim) - Program BUMN Mengajar di Kalimantan Timur yang dilaksanakan PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama anak usahanya yaitu PT Pupuk Kaltim serta PT Hutama Karya menyambangi dua sekolah di kawasan pinggir Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kegiatan mengajar yang berlangsung Kamis, digelar di SMK Negeri 1 Anggana, Kutai Kartanegara, dengan menghadirkan General Manager Teknologi PT Pupuk Kaltim (PKT) Sri Mukartiningsih dan General Manager PT Hutama Karya Wilayah Timur Erry Sugiarto.

Sehari sebelumnya, kegiatan serupa dalam rangkaian program BUMN Hadir Untuk Negeri itu juga dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kembang Janggut, Kutai Kartanegara, dengan pemateri Erry Sugiarto dan General Manager Operasi PKT Supriyoto.

"Selain memperkenalkan keberadaan BUMN, khususnya Pupuk Kaltim, kehadiran kami juga untuk memberikan motivasi kepada para siswa di daerah pinggiran agar lebih giat belajar dan tidak menyerah dalam menempuh pendidikan. Mereka juga memiliki kesempatan yang sama dengan siswa-siswa lainnya yang bersekolah di kota," kata Sri Mukartiningsih, usai memberikan materi kepada sekitar 100 siswa SMKN 1 Anggana.

Selain memperkenalkan profil perusahaan, baik Sri Mukartiningsih maupun Erry Sugiarto juga memaparkan peran perusahaan milik negara dalam kiprahnya di wilayah Kaltim kepada para siswa.

"Sebagai salah satu BUMN yang bergerak di sektor konstruksi, PT Hutama Karya telah dan sedang mengerjakan sejumlah proyek infrastruktur di Kaltim. Kami juga mengajak para siswa agar nantinya bisa berkarya di BUMN-BUMN," ujar Erry Sugiarto.

Pada kesempatan itu, secara simbolis diserahkan bantuan peralatan sekolah, meja, kursi, dan buku-buku penunjang perpustakaan kepada Kepala SMKN 1 Anggana Priyanto.

Sementara saat di SMAN 1 Kembang Janggut, ketiga BUMN itu memberikan bantuan genset untuk mendukung kegiatan belajar mengajar siswa dan juga peralatan sekolah.

"SMKN 1 Anggana ini baru beroperasi pada 2015 dan tahun ajaran 2016 merupakan angkatan kedua dengan tiga jurusan, yakni teknik informatika, otomotif dan alat berat. Kami sangat berterima kasih telah dipilih sebagai lokasi kegiatan BUMN Mengajar," kata Kepala SMKN 1 Anggana Priyanto.

Kepala Bagian Publikasi dan Dokumentasi PKT Sugeng Suedi menambahkan Kutai Kartanegara menjadi lokasi kedua yang disambangi program BUMN Mengajar, setelah pada Agustus lalu dilaksanakan di dua sekolah di Kota Bontang.

"Program BUMN Mengajar untuk wilayah Kaltim dilaksanakan mulai Agustus hingga Desember 2016 dengan sasaran 10 sekolah, yakni di Bontang, Kutai Kartanegara dan Kutai Barang masing-masing dua sekolah, kemudian empat sekolah lainnya di Paser, Samarinda, Balikpapan, dan Berau," jelasnya.

Selain mengajar, PT Pupuk Indonesia, PKT dan Hutama Karya bersinergi mengadakan sejumlah kegiatan, antara lain program Siswa Mengenal Nusantara, bedah rumah veteran, elektrifikasi rumah warga kurang mampu, pembuatan MCK, pembinaan dan pelatihan bagi mantan narapidana, dan pasar murah. (*)

Pewarta: DK

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016