Samarinda (ANTARA Kaltim) - Pelatih gulat asal Bulgaria, Marian Nedkov Avramov, sangat optimistis para pegulat Indonesia memiliki potensi besar untuk meraih prestasi di kejuaraan internasional atau dunia, seperti halnya bulu tangkis dan angkat besi yang sudah membuktikan di arena Olimpiade.

Ditemui di Samarinda, Selasa, Avramov yang kini menangani tim gulat Kaltim mengatakan sejumlah pegulat nasional yang diasuhnya seperti M Aliansyah, Iqbal, dan Rustang sudah memiliki kemampuan fisik yang cukup menunjang untuk bertarung di kejuaraan internasional.

"Program latihan fisik yang sering saya terapkan kepada atlet-atlet gulat di Bulgaria, faktanya juga bisa dijalani oleh mereka dan pegulat Kaltim lainnya. Jadi, secara fisik sebenarnya mereka sudah siap," ujarnya.

Akan tetapi, dari sisi teknik dan gaya bertanding, Avramov menilai para pegulat Indonesia terlihat masih monoton dan kurang bisa berkembang, sehingga perlu diasah dengan program latihan khusus.

"Secara fisik saya akui mereka kuat, namun ketika melihat mereka bertarung di atas matras melawan pegulat Eropa, terlihat sekali mereka kesulitan untuk mencari poin. Padahal, olahraga beladiri, poin terpenting tetap mengandalkan kekuatan fisik," jelasnya.

Selama beberapa bulan terakhir menangani tim gulat Kaltim untuk persiapan PON XIX tahun 2016, pelatih asal Bulgaria ini tidak memasukkan program khusus untuk meningkatkan teknik para pegulat sesuai dengan gaya Eropa.

Hal tersebut disebabkan waktu persiapan yang terlalu mepet sejak dia dipercaya menangani atlet Kaltim, sehingga program latihan hanya khusus untuk menghadapi pertandingan tingkat nasional.

"Paling saya hanya mengubah sedikit gaya bertanding mereka, karena persiapan yang kita lakukan hanya untuk pertandingan PON," tambahnya.

Avramov cukup optimistis anak asuhnya mampu memenuhi target 15 medali emas yang dibebankan KONI Kaltim pada PON di Jawa Barat, bahkan ada kemungkinan bakal melebihi target.

"Kalau target dari saya 16 emas dan saya yakin bisa diraih, asalkan semua atlet dalam kondisi prima serta tidak ada masalah seperti cedera," tegasnya. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016