Penajam (ANTARA Kaltim) - Kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Tita Deritayati menyatakan instansinya membutuhkan tambahan personel dan armada kebersihan.

"Kami butuh tambahan personel dan armada baru untuk bisa menjangkau seluruh area pelayanan kebersihan yang terus bertambah," kata Tita Deritayati saat ditemui di Penajam, Selasa.

Wilayah kebersihan yang harus dilayani oleh Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman atau DKPP Kabupaten Penajam Paser Utara dari tahun ke tahun terus bertambah luas.

Sementara menurut Tita Deritayati, personel dan armada kebersihan yang ada sudah tidak mencukupi, sengan adanya sejumlah unit armada atau truk pengangkut sampah mengalami kerusakan.

"Sejumlah truk pengangkut sampah mengalami kerusakan tidak layak digunakan sehingga butuh diremajakan," ujarnya.

Untuk bisa menjangkau seluruh wilayah pelayanan kebersihan lanjut Tita Deritayati, instansinya butuh tenaga dan sarana prasarana baru.

"Jumlah personel kebersihan sebanyak 200 orang saat ini cukuo kewalahan melayani seluruh area kebersihan yang ada," jelasnya.

Selain itu, DKPP Kabupaten Penajam Paser Utara juga membutuhkan membutuhkan tiga unit truk pengangkut sampah baru untuk mengganti truk sampah yang sudah tidak layak digunakan.

"Kami butuh truk pengangkut sampah baru untuk bisa memaksimalkan pelayanan di area Kecamatan Babulu dan Sepaku," ucapnya.

Jumlah personel dan armada kebersihan yang ada dengan beban kerja saat ini tambahnya, sudah tidak sebanding karena terjadi perluasan layanan kebersihan.

"Ada perluasan area taman dan penambahan TPS (tempat pembuangan sampah sementara) di sejumlah wilayah baru, seperti di Kecamatan Babulu dan Sepaku," katanya. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016