Samarinda (ANTARA Kaltim)- Rapat Paripurna DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) ke-XV memutuskan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur Kaltim atas penggunaan APBD 2015.

Ketua DPRD Kaltim, HM Syahrun HS mengatakan pembentukan pansus merupakan salah satu tanggapan legislatif atas LKPj yang dilaporkan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak pada rapat paripurna sebelumnya."Tugas dari pansus adalah mempelajari hasil LKPj yang dilaksanakan gubernur dalam masa anggaran 2015. Selain itu, pansus juga akan menyampaikan dan melaporkan hasil dari evaluasi atas pelaksanaan LKPj tersebut," ucapnya.

Adapun komposisi dari pansus LKPj dipimpin Herwan Susanto, didampingi Wakil Ketua Zain Taufik Nurrahman, dengan anggota Sarkowi V Zahry, Dahri Yasin, Mursidi Muslim, Veridiana Wang, Hermanto Kewot, Agus Suwandi, Wibowo Handoko, Syafruddin, Gunawarman dan Rusman Ya’qub.

Syahrun menambahkan bahwa pansus akan bekerja selama 30 hari tanpa gaji, terhitung sejak dibentuk dan akan dibubarkan setelah menyampaikan laporan hasil kerja pada Rapat Paripurna DPRD Kaltim berikutnya.

Sementara itu, pembentukan pansus LKPj telah melewati beberapa proses, yaitu penyampaian LKPj Gubernur dan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kaltim 2015, pada rapat paripurna ke-XII lalu.Kemudian dilanjutkan pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kaltim terkait LPKj Gubernur pada Paripurna ke XIII.

"Penyampaian pemandangan umum fraksi inilah, kemudian diagendakan penyampaian jawaban dan penjelasan pemerintah terkait LKPj. Apapun jawaban pemerintah, inilah yang menjadi bahan bagi pansus untuk membahas LKPJ tersebut," kata Syahrun didampingi dua Wakil Ketua DPRD Kaltim Dody Rondonuwu dan Andi Faisal Assegaf.

Selain pembentukan pansus LKPJ, paripurna juga memutuskan pembentukan Pansus Aset yang diketuai Edi Kurniawan dan wakil Rita Artaty Barito, serta Pansus Investigasi Tambang yang dipimpin Muhammad Adam dan Irwan Faisal sebagai wakil.

Surat Keputusan pembentukan pansus dibacakan Sekretaris DPRD Kaltim Achmadi usai rapat penetapan komposisi pimpinan pansus oleh Anggota Pansus saat skors di tengah agenda rapat paripurna tersebut. (Humas DPRD Kaltim/adv)

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016