Paris (ANTARA News) - Tim nasional Kroasia memulai laga penyisihan Grup D Piala Eropa 2016 dengan mengantongi kemenangan tipis 1-0 atas Turki di Stadion Parc des Princes, Paris, Prancis, Minggu.

Kemenangan tersebut dipersembahkan gol semata wayang yang dicetak gelandang Real Madrid, Luka Modric, pada menit 41 lewat tendangan voli menyambar bola upaya sapuan gelandang Turki Selcuk Inan.

Gol itu berawal dari umpan silang gelandang Barcelona, Ivan Rakitic, yang berusaha dihalau oleh barisan pertahanan Turki, namun bola justru melambung jatuh ke ruang tembak Modric yang dengan sempurna menghujamkan ke dalam gawang menaklukkan penjaga gawang Volkan Babacan.

Hasil itu mengantarkan Kroasia untuk sementara memimpin klasemen Grup D dengan raihan tiga poin, menanti hasil lain antara juara bertahan Spanyol menghadapi Republik Ceko pada Senin (13/6) di Stadion Municipal, Toulouse.

Setelah tertinggal satu gol di babak pertama, Turki berusaha untuk segera keluar menyerang usai turun minum dengan keputusan pelatih Fatih Terim menurunkan Volkan Sen menggantikan Oguzhan Ozyakup.

Pemain pengganti itu segera berusaha menunjukkan tajinya dengan mengakhiri aksi kerja sama dengan Gokhan Gonul dengan tendangan voli keras, yang sayangnya masih bisa diantisipasi barisan pertahanan Kroasia pada menit 47.

Sebaliknya Kroasia yang memiliki keunggulan tak mengendurkan serangan mereka dan bernafsu memperlebar jarak. Sayangnya tambahan 10 kali percobaan tembakan di babak kedua, yang tiga di antaranya menemui sasaran tak membuahkan gol tambahan untuk tim besutan Ante Cacic tersebut.

Bahkan di sepanjang babak kedua, mistar gawang yang dikawal Babacan bergetar sebanyak dua kali, akibat bola tendangan bebas Darijo Srna pada menit 51 dan tandukan Ivan Perisic pada menit 73.

Selain itu banyak peluang terbuka yang dibuang percuma oleh para pemain Kroasia di sepanjang 45 menit kedua.

Di sisi lain, upaya Turki menyamakan kedudukan termasuk dengan menurunkan pemain termuda di kompetisi tersebut, Emre Mor, pada menit 69 tak kunjung membuahkan hasil.

Tendangan bebas Caner Erkin pada menit 81 masih bisa diantisipasi sempurna oleh penjaga gawang Kroasia, Danijel Subasic.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim seturut laman resmi UEFA.

Turki (4-5-1): Volkan Babacan (PG); Gokhan Gonul, Mehmet Topal, Hakan Balta, Caner Erkin; Hakan Calhanoglu, Ozan Tufan, Selcuk Inan, Oguzhan Ozyakup (Volkan Sen), Arda Turan (Burak Yilmaz); Cenk Tosun (Emre Mor)
Pelatih: Fatih Terim

Kroasia (4-2-3-1): Danijel Subasic (PG); Darijo Srna, Vedran Corluka, Domagoj Vida, Ivan Strinic; Luka Modric, Milan Badelj; Marcelo Brozovic, Ivan Rakitic (Gordon Schildenfeld), Ivan Perisic (Andrej Kramaric); Mario Mandzukic (Marko Pjaca)
Pelatih: Ante Cacic

Pewarta: Gilang Galiartha

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016