Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Wakil Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah, meresmikan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Kependudukan Desa (Sikdes) Desa Sepakat, Kecamatan Loa Kulu.

Peresmian tersebut, dilaksanakan di balai Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu, Jumat.

Aplikasi Sikdes itu kata Edi sebagai upaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dengan lebih baik dan cepat.

Ia menyatakan, memberi apresiasi aparat Desa Sepakat yang telah melakukan inovasi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik, mudah, cepat dan tepat.

"Desa Sepakat merupakan desa yang pertama kali menerapkan aplikasi Sikdes. Aplikasi ini bisa diimplementasikan di seluruh desa se-Loa Kulu. Jika berhasil, semua desa dan kelurahan di Kutai Kartanegara akan kami dorong menerapakannya," ujar Edi.

Ia mengingatkan, agar sistem tersebut terus dibarengi dengan peningkatan sumber daya manusia aparatur, sehingga semangat untuk memberikan pelayanan publik sejalan dengan kemudahan dan kecepatan sistem aplikasi tersebut.

Selain itu tambahnya, Standar Operasional Prosedur atau SOP pada pelaksanaan aplikasi itu juga harus dibuat, agar sistem pelayanan berjalan dengan baik.

"Jika semua desa melakukan hal ini, saya optimistis manajemen pemerintahan desa di Kutai Kartanegara akan semakin maju," kata Edi.

Sementara, Kepala Desa Sepakat Supariono mengatakan, kelebihan aplikasi Sikdes yakni, bisa memberikan pelayanan dengan lebih baik, mudah, cepat dan tepat.

"Pelayanan melalui Sikdes lebih baik karena beberapa jenis pelayanan bisa dilakukan dalam satu sistem aplikasi," ujarnya.

Pelayanan yang dicakup dalam aplikasi Sikdes tersebut yaitu seluruh pelayanan kependudukan, kemudian penyelenggaraan keuangan, penyelenggaraan APBDes serta profil desa dan pertanahan.

"Ini sudah kami terapkan dan staf kami juga sudah dibekali untuk menjalankan aplikasi ini. Saya berharap dengan adanya aplikasi ini dapat memberikan kepuasan masyrakat terhadap pelayanan kami," kata Supariono.

Acara tersebut juga diikuti dengan penyerahan sertifikat tanah secara simbolis kepada masyarakat Desa Sumber Sari yang merupakan hasil kegiatan Bagian Administrasi Pertanahan Setkab Kutai Kartanegara tahun 2015. (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016