Samarinda (ANTARA Kaltim) - Isu strategis mengenai pembangunan di Kalimantan Timur menjadi topik pembicaraan dalam agenda coffee morning yang digagas Pemerintah Provinsi Kaltim,  di Pendopo Lamin Etam.

Gubernur Kaltim Awang Faroek mengatakan pertemuan tersebut merupakan sebuah langkah untuk menyatukan pemikiran antara eksekutif, legislatif, beserta stakeholder yang ada di Kaltim dalam membangun daerah. Selain membahas isu-isu strategis mengenai pembangunan Kaltim, Pemprov Kaltim melalui coffee morning tersebut juga membahas bagaimana perjuangan pemerintah provinsi mendapatkan bantuan berbagai pihak, terutama melaporkan hasil kunjungan ke Rusia beberapa waktu yang lalu.

“Kunjungan ke Rusia dalam rangka perjuangan daerah untuk menarik investasi. Selama kunjungan banyak hal yang telah diperoleh termasuk peningkatan kerjasama kedua negara (Indonesia-Rusia), “ katanya.

Diakui orang nomor satu di Pemprov, Kaltim secara khusus memiliki hubungan baik dengan Rusia dalam mendukung pembangunan daerah. Utamanya, kerjasama pembangunan infrastruktur (rel kereta api) dan technopark, serta kawasan industri Buluminung di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Termasuk rencana pengembangan sektor pertanian dan kesehatan dengan mengadopsi teknologi tinggi (nuklir) negara Rusia. Selain itu, ada beberapa kebijakan dan komitmen Pemprov Kaltim menyikapi kondisi daerah maupun nasional yang saat ini tengah terjadi.
Selain itu informasi mengenai agenda-agenda Pemprov Kaltim dalam kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dalam waktu dekat ini.

Ketua DPRD Kaltim Syahrun sangat mengapresiasi langkah-langkah Pemprov dalam membangun komunikasi antara pemerintah, DPRD serta stakeholder yang lain. Termasuk semangat pemerintah untuk mencari investor demi membangun Kaltim agar lebih maju dari hal pembangunan. Karena saat ini kondisi keuangan di Kaltim menurun. Jadi langkah untuk melibatkan investor demi membangun Kaltim merupakan langkah yang tepat.

“DPRD Kaltim mendukung penuh atas semangat pemerintah untuk mendatangkan investor di Kaltim demi menunjang pembangunan daerah. Tak hanya itu, legislatif juga sangat mengapresiasi pertemuan tersebut. Nantinya diharapkan komunikasi antara pemerintah provinsi bersama DPRD Kalimantan Timur semakin terjalin dengan baik sehingga mampu mewujudkan Kaltim Maju 2018,” ucapnya. (Humas DPRD Kaltim/adv)

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016