Jakarta (ANTARA News) - Rangkaian pertandingan laga kedua putaran 16 besar Liga Europa sudah rampung dilakukan pada Jumat pagi WIB dan menghasilkan delapan tim yang berhak untuk bersaing di babak perempat final.

Spanyol menjadi negara dengan wakil terbanyak yang masih bertahan, yakni Villarreal, Atletico Bilbao dan juara bertahan Sevilla. 

Sementara lima tim lain mewakili negara yang berbeda, yaitu Sparta Praha (Ceko), Liverpool (Inggris), Shaktar Donetsk (Ukraina), Sporting Braga (Portugal) dan Borussia Dortmund (Jerman).

Seluruh tim belum mengetahui lawan masing-masing, sebab pengundian babak perempat final baru akan dilakukan di markas UEFA di Swiss pada Jumat waktu setempat.

Satu-satunya tim yang sukses melaju ke babak perempat final setelah mengalami defisit agregat di laga pertama adalah Braga, yang sebelumnya kalah 0-1 saat bertandang ke markas Fenerbahce, namun tampil perkasa mengalahkan wakil Turki itu 4-1 di hadapan publik Estadio Municipal de Braga, Portugal.

Tiga kartu merah dikeluarkan wasit dalam pertandingan tersebut dan semuanya diberikan kepada Fenerbahce.

Sementara itu Valencia menjadi satu-satunya tim yang meraih kemenangan di laga kedua namun tetap tersingkir dari Liga Europa. Tim besutan Gary Neville itu mampu menundukkan Bilbao 2-1, namun lantaran tim tamu mencetak gol, mereka akhirnya memperoleh keuntungan gol tandang, meskipun skor agregat kedua tim sama kuat 2-2.

Kejutan diciptakan oleh Sparta saat melawat ke Stadion Olimpico, Roma, Italia. Pasukan besutan Zdenek Scasny itu sukses membungkam tuan rumah dengan tiga gol tanpa balas, lewat gol-gol dari Borek Dockal, Ladisla Krejci dan Lukas Julis.

Kemenangan telak 3-0 juga diraih juara bertahan, Sevilla, yang mencukur Basel berkat dua gol dari Kevin Gameiro yang melengkapi gol pembuka Adil Rami di Stadion Ramon-Sanchez Pijzuan.

Sedangkan Donetsk dan Dortmund sama-sama berhasil meraih kemenangan tandang demi memperbesar skor agregat mereka. Donetsk meraih kemenangan tipis 1-0 di kandang RSC Anderlecht, sementara Dortmundt mempermalukan Tottenham Hotspur 2-1 di hadapan publik White Hart Lane.

Sementara itu hasil imbang cukup mengantarkan Villarreal dan Liverpool melenggang ke babak perempat final.

Villarreal yang bermain imbang tanpa gol di Stadion BayArena, Jerman, menang secara agregat 2-0 atas Bayer Leverkusen.

Sedangkan tim besutan Juergen Klopp sukses menahan imbang Manchester United 1-1, kalau tidak mau disebut gagal meraih kemenangan lantaran penampilan gemilang dari penjaga gawang David de Gea di bawah mistar gawang di Old Trafford.

Philippe Coutinho dan kawan-kawan akhirnya melaju ke perempat final dengan skor agregat 3-1.

Berikut hasil lengkap laga kedua putaran 16 besar Liga Europa yang berlangsung Jumat WIB. (tuan rumah disebut pertama, pemenang dicetak tebal, skor agregat dalam kurung)

Bayer Leverkusen 0 (0) - Villarreal 0 (2)
Lazio 0 (1) - Sparta Praha 3 (4)
Valencia 2 (2) - Atletico Bilbao 1 (2) *Bilbao lolos menang gol tandang
Manchester United 1 (1) - Liverpool 1 (3)
RSC Anderlecht 0 (1) - Shaktar Donetsk 1 (4)
Sevilla 3 (3) - FC Basel 0 (0)
Sporting Braga 4 (4) - Fenerbahce 1 (2)
Tottenham Hotspur 1 (1) - Borussia Dortmund 2 (5)

Pewarta: Gilang Galiartha

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016