Samarinda (ANTARA Kaltim)- Pengembangan kota di Kalimantan Timur  harus menjadi fokus prioritas pemerintah daerah, terutama di kota besar seperti Balikpapan dan Samarinda.

Balikpapan pada khususnya, selain sebagai pusat pergerakan ekonomi, Balikpapan juga merupakan pintu gerbang Kaltim yang menjadi magnet tersendiri bagi investor untuk berlomba membuka peluang usaha. dengan daya tarik tersebut tentunya pengembangan kota harus menjadi perhatian, apalagi Balikpapan saat ini berpredikat sebagai salah satu kota maju.

Hal tersebut dikatakan anggota DPRD Kaltim Samsun, menurutnya saat ini pengembangan kota memang harus menjadi hal yang prioritas, misalkan saja di Balikpapan dengan semakin banyaknya kendaraan roda dua maupun empat dirasa kebutuhan akan jalan layang (flyover) sangat tepat, mengingat volume kendaraan terus meningkat dan kemacetan sudah sering terjadi di sejumlah titik.

“Harus diakui perkembangan kota di berbagai daerah di Kaltim sekarang sangat pesat. Kebutuhan infrastruktur sebagai penunjang sangat dibutuhkan. Namun menurut saya saat ini yang terpenting adalah perluasan atau pengembangan kota harus menjadi hal yang prioritas,” katanya.

Selanjutnya ia juga mengatakan, Kaltim adalah adalah provinsi yang sangat potensial dan merupakan daerah maju untuk beberapa tahun kedepan. Sehingga, perluasan wilayah serta pengembangan kota merupakan hal yang perlu diutamakan.

Politikus PDI-P itu menambahkan, jika misalkan kebutuhan flyover di setiap kota dinyatakan perlu maka tidak ada salahnya untuk dibangun. Kendati tetap harus dianalisis kebutuhannya tanpa menyampingkan infrastruktur lain.

“Jumlah volume kendaraan pasti meningkat dari tahun ke tahun, namun mesti diperhitungkan apakah memang dianggap perlu apa tidak. Jika memang diperlukan maka harus mulai dari sekarang perencanaannya bisa dipikirkan bersama, seperti apa konsepnya, agar tidak menjadi permasalahan di kemudian hari,” ucapnya. (Humas DPRD Kaltim/adv)


Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016