Samarinda (ANTARA Kaltim) - Ketua Komisi II DPRD Kaltim Edy Kurniawan mengatakan melalui momentum HUT ke-59 Provinsi Kaltim tidak terlena terhadap sejumlah program yang telah dicapai. Karena tentu masih perlu banyak pembenahan dan evaluasi kembali untuk mampu mencapai hasil yang lebih maksimal.

Edy mengapresiasi apa yang telah dicapai oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur khususnya yang berkaitan dengan pembangunan infrastruktur, kendati mengundang banyak polemik akan tetapi perlu didukung semua pihak.

“Kalau dilihat dari progres dan laporan kinerja pemerintah itu memang banyak capaiannya dan cukup luar biasa dengan memacu laju pembangunan. Terutama berkaitan dengan infrastruktur serta bidang lainnya seperti pendidikan dan kesehatan,” kata Edy di sela-sela Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kaltim dengan agenda Peringatan HUT ke-59 Provinsi Kaltim, Sabtu (9/1).

Akan tetapi menurut Edy di sisi lain perlu diingatkan juga bahwa ke depan Kaltim harus menjadi salah satu provinsi yang mampu menghadapi tantangan ekonomi global. Baik karena Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) maupun akibat dari banyaknya pengangguran.

Menurutnya, pemerintah harus mampu menjadikan MEA sebagai sebuah peluang, bukan menjadi sebaliknya ancaman bagi perekonomian masyarakat Kaltim. Untuk itu pemerintah harus mampu membuat program unggulan baik jangka pendek hingga jangka panjang.

Hal yang tidak pentingnya adalah mengatasi gelombang PHK massal yang sudah marak selama beberapa tahun terakhir khususnya di bidang tambang batu bara yang semakin terpuruk. Jika ini terus dibiarkan maka akan menjadi masalah besar kedepannya.

“Ini sudah masuk era MEA. Kita semua berharap jangan sampai sporadic, investasi banyak masuk akan tetapi tidak mampu mengendalikan dengan baik. Itu bakal memberikan dampak yang buruk terhadap perekonomian Kaltim. Berharap ke depan agar terus warga mendukung segala program pemerintah, namun harus tertata baik. Jangan nanti ada orang datang lalu pergi membawa hasil tanpa memberikan manfaat bagi generasi ke depan,” harap Edy. (Humas DPRD Kaltim/adv)

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016