Samarinda (ANTARA Kaltim) - Komisi Pemilihan Umum Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, menetapkan pasangan Rita Widyasari-Edi Damansyah unggul dalam perolehan suara dibanding tiga pasangan lainnya pada Pemilihan Kepala Daerah 2015.

Penetapan itu dilakukan pada Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Rekapitulasi Tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara di Ballroom Hotel Grand Fatma, Tenggarong, Kamis.

Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara KPU Kutai Kartanegara, pasangan Rita Widyasari-Edi Damansyah berhasil meraih sebanyak 263.335 suara dan menang telak di 18 kecamatan yang ada di Kutai Kartanegara.

Sementara tiga pesaingnya, masing-masing pasangan Awang Wahyu-Andi Katanto meraih 11.910 suara, pasangan Idham Khalid-Abdul Kadir 9.769 suara, dan pasangan Sugianto-Rudi Hartono dengan 9.416 suara.

Di Kecamatan Tenggarong dengan jumlah 45.189 suara sah, pasangan Rita Widyasari-Edi Damansyah meraih 40.170 suara, sementara pasangan Idham Khalid-Abdul Kadir meraih 1.819 suara, Awang Wahyu-Andi Katanto 1.816 suara dan Sugianto-Rudi Hartono hanya meraih 1.384 suara.

Kemudian di Kecamatan Tenggarong Seberang dengan 27.594 suara sah, Rita-Edi juga merebut dukungan mayoritas dengan 25.203 suara, sedangkan suara sisanya dibagi ke tiga pasangan lainnya.

Demikian halnya di Kecamatan Muara Wis yang merupakan wilayah dengan suara pemilih terkecil yakni hanya 5.086 suara sah, pasangan Rita Widyasari-Edi Damansyah juga tidak terbendung meraih 4.696 suara.

Komisioner KPU Kutai Kartanegara Arliansyah mengatakan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan hasil rekapitulasi merupakan salah satu tahapan pelaksanaa pilkada serentak.

"Jadi, hari ini kami telah merampungkan salah satu tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak," katanya.

Pelaksanaan rapat pleno KPU Kabupaten Kutai Kartanegara berlangsung tertib dan lancar dengan mendapat pengamanan ketat dari 255 personel kepolisian setempat.

"Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang membantu jalannya seluruh proses tahapan pemilihan kepala daerah serentak hingga berlangsung aman tertib dan lancar. Kami berharap situasi seperti ini akan tetap berjalan baik hingga pelantikan bupati dan wakil bupati Kutai Kartanegara terpilih," kata Arliansyah.

Ia menambahkan penetapan pasangan pemenang pemilihan kepala daerah serentak dijadwalkan pada 21 atau 22 Desember 2015.

"Kami belum bisa memastikan, tetapi antara tanggal 21 atau 22 Desember 2015," tambahnya.  (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015