Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur menggelar aksi sosial untuk membantu masyarakat berupa kegiatan pasar murah dan donor darah dalam rangkaian peringatan Hari Perkebunan ke-58.

"Kalau untuk donor darah, kami lakukan kerja sama dengan Palang Merah Indonesia Kota Samarinda. Sedangkan untuk pasar murah, kami bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan dengan melibatkan sejumlah distributor," ujar Kepala Dinas Perkebunan Kaltim Etnawati di Samarinda, Kamis.

Menurut ia, kegiatan donor darah ini sebagai bentuk kepedulian seluruh pegawai Disbun Kaltim dalam membantu PMI, karena selama ini PMI Samarinda masih sering mengalami kekurangan stok darah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Etnawati menjelaskan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian antara sesama dan diyakini manfaatnya sangat besar bagi orang lain, terutama bagi mereka yang sakit dan membutuhkan pasokan darah.

"Setetes darah yang kita berikan pasti akan memberikan kebaikan bagi orang lain yang benar-benar membutuhkan darah, makanya sejak beberapa hari lalu saya sudah instruksikan kepada pengawai Disbun Kaltim untuk melakukan donor darah hari ini," ujar Etnwati.

Menurut ia, aksi sosial donor darah ini merupakan wujud nyata kepedulian instansinya kepada orang lain. Bahkan, ke depan, donor darah dapat dilakukan setiap periode sehingga dapat membantu PMI dalam memenuhi kebutuhan darah.

"Sedangkan untuk pasar murah, kami menggandeng Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disperindagkop) Kaltim, karena dinas ini yang memiliki kewenangan terhadap distributor dalam pasokan barang kebutuhan pokok," katanya.

Dalam pasar murah ini, berbagai komoditas yang dijual untuk masyarakat luas harganya di bawah standar pasar karena langsung ditangani oleh sejumlah distributor, seperti gula, beras, susu, mie instan, dan berbagai kebutuhan sehari-hari lainnya. (*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015