Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Pengurus Provinsi Persatuan Gulat Seluruh Indonesia Kalimantan Timur mengirimkan 26 atlet mengikuti kejuaraan nasional prakualifikasi PON 2016 di Malang, Jawa Timur, pada 29 November hingga 3 Desember 2015.

Ketua Umum Pengprov PGSI Kaltim Said Amin di Samarinda, Rabu, mengharapkan para pegulat mampu mewujudkan harapan KONI Kaltim yang pada PON XIX tahun 2016 di Jawa Barat menargetkan 16 medali emas.

"Target untuk pra-PON harus bisa meloloskan 100 persen atlet (seluruh atlet) dan juga mempertahankan juara umum, karena hal itu menjadi jalan utama untuk mewujudkan target 16 emas di PON setahun mendatang," katanya saat pelepasan atlet.

Untuk melecut semangat para atlet, Said Amin menjanjikan bonus pribadi sebesar Rp10 juta untuk peraih medali emas pra-PON, di luar bonus Rp juta yang disiapkan KONI Kaltim kepada masing-masing peraih emas.

"Ini hanya bentuk motivasi supaya atlet kita tampil semaksimal mungkin di atas matras, jangan sampai kita membawa pulang kegagalan," jelas Said.

Pelatih tim gulat Kaltim Buyamin menjelaskan pada kejurnas pra-PON di Malang, tim Kaltim akan turun dengan kekuatan penuh, yakni sembilan pegulat putra gaya grego, sembilan pegulat putra gaya bebas dan delapan pegulat putri gaya bebas.

"Atlet yang tergabung dalam tim Kaltim ini merupakan perpaduan antara atlet senior dan junior. Ada dari mereka yang sudah mengikuti dua kali PON dan ada yang baru pertama kali masuk di tim PON," jelas Buyamin.

Ia mengakui bahwa untuk memenuhi target 16 medali emas yang dibebankan KONI Kaltim bukanlah pekerjaan mudah, namun tim pelatih dan atlet akan berusaha mewujudkan target tersebut.

"Kalau asumsi kami paling sedikit kita bisa meraih 10 emas, tapi kita akan berupaya maksimal. Yang terpenting kita bisa meraih juara umum," jelasnya.

Ketua Umum KONI Kaltim Zuhdi Yahya menambahkan gulat merupakan cabang olahraga yang paling diandalkan Kaltim untuk mendulang prestasi emas di PON 2016.

Dari beberapa kali pelaksanaan PON, prestasi gulat Kaltim terus mengalami peningkatan, yakni menyumbang 10 medali emas pada PON 2008 dan perolehan itu naik menjadi 14 medali emas saat PON 2012.

"Kami berharap di Bandung pada tahun depan, gulat bisa menyumbang medali terbanyak untuk Kaltim. Target kita 16 emas," jelasnya. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015