Samarinda (ANTARA Kaltim) - - Provinsi Kalimantan Timur akan meluncurkan Kampung Keluarga Berencana agar gaungnya semakin terdengar sampai perdesaan sehingga program tersebut kembali berhasil seperti 20-30 tahun sebelumnya.

"Puluhan tahun lalu program KB kita berhasil dan diakui internasional, tapi belakangan mengendur. Melalui peluncuran Kampung KB, kami harapkan program Kependudukan dan KB kembali berhasil," ujar Kabid Advokasi Penggerakan dan Informasi BKKBN Perwakilan Provinsi Kaltim Achmad Takdir di Samarinda, Selasa.

Selama ini, menurut ia, BKKBN telah melakukan berbagai kegiatan untuk menguatkan kelembagaan dan penguatan KB.

Program baru yang diberi nama Kampung KB yang diluncurkan awal 2016, dimaksudkan untuk semakin mengenalkan kepada masyarakat tentang pentingnya KB.

"Kampung KB akan dibangun di tiap kampung/desa dengan harapan kesejahteraan masyarakat dapat meningkat setelah mengikuti program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK)," katanya.

Ia berharap Kota Samarinda menjadi pelopor didirikannya Kampung KB, kemudian diikuti sejumlah kabupaten dan kota lainnya di Kaltim, karena Samarinda merupakan ibukota Provinsi Kaltim.

Oleh karena itu, ia meminta kepada Badan Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera (BKBKS) Kota Samarinda melakukan persiapan mulai sekarang, sehingga pada awal 2016 peluncuran Kampung KB bisa berjalan dengan baik di setiap kelurahan.

Achmad Takdir menambahkan gaung program KB di masyarakat saat ini kurang terdengar atau mengalami penurunan, sehingga pihaknya kembali menggalakkan program itu dengan mendirikan Kampung KB.

"Melalui Kampung KB juga akan digalakkan program revolusi mental barbasis keluarga. Tujuannya adalah untuk membangun karakter bangsa," ujarnya.

Dalam Kampung KB, lanjutnya, pihaknya ingin menciptakan lingkungan yang bernuansa program Kependudukan dan Keluarga Berencana, karena dampak keberhasilan program ini sangat luas meliputi sosial, keamanan, hingga kualitas masyarakat.

Sementara itu, Kepala Badan KBKS Kota Samarinda Arliansyah mengatakan, terkait rencana didirikannya Kampung KB oleh BKKBN, pada prinsipnya Kota Samarinda siap mendukung program pemerintah tersebut.

"Apalagi dengan adanya Kampung KB, maka kami bisa kembali menggaungkan dan menyebarluaskan informasi berkaitan program Kependudukan dan KB di Kota Samarinda menjadi tepat sasaran," kata Arliansyah.(*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015