Samarinda (ANTARA Kaltim) - Kader DPW Partai Nasdem Ari Yusnita berpeluang besar menjadi anggota DPR RI pengganti antar-waktu untuk Daerah Pemilihan Kalimantan Timur-Kalimantan Utara, menggantikan posisi Achmad Amins yang mengundurkan karena alasan kesehatan.

Sekretaris DPW Partai Nasdem Kaltim Isnawati kepada wartawan di Samarinda, Selasa, mengatakan lembaganya sudah menerima laporan pengunduran diri Achmad Amins dari Partai Nasdem dan sekaligus anggota DPR RI melalui pengurus pusat pada pekan lalu.

"Sekitar seminggu lalu, wakil sekretaris DPP mengonfirmasikan kepada kami dan menanyakan informasi kontak dr Ary Yusnita, karena memang DPP akan menindaklanjuti proses pergantian antar-waktu (PAW) Achmad Amins yang telah mundur," jelasnya.

Ketua DPW Partai Nasdem Kaltim Harbiansyah Hanafiah yang saat ini sedang menjalani pengobatan di Jakarta, juga sudah mengetahui informasi mundurnya Achmad Amins yang juga mantan ketua DPW Partai Nasdem Kaltim.

"Beliau (Harbiansyah, red) meminta proses PAW segera ditindaklanjuti oleh DPP Partai Nasdem," kata Isnawati.

Ia menjelaskan PAW anggota DPR RI menjadi tanggung jawab sepenuhnya DPP Partai Nasdem, sehingga surat pengunduran Achmad Amins tidak ditembuskan kepada pengurus wilayah.

Menurut Isnawati, peluang Ari Yusnita untuk menggantikan Achmad Amins sangat terbuka, karena kader Partai Nasdem dari Kota Tarakan, Kaltara, itu, menduduki peringkat kedua perolehan suara terbanyak Dapil Kaltim-Kaltara pada Pemilu 2014, di bawah Achmad Amins.

Peringkat ketiga pengumpul suara terbanyak baru dipegang oleh Ketua DPW Nasdem Kaltim saat ini, Harbiansyah Hanafiah.

Namun, Harbiansyah Hanafiah sangat tidak berambisi untuk menggantikan Achmad Amins, meskipun menjabat sebagai ketua partai, karena alasan kesehatan.

"Saya lebih sependapat yang muda untuk tampil, lagi pula sesuai mekanisme aturan dr Ari Yusnita yang sepantasnya menggantikan Achmad Amins," tegas Harbiansyah, ketika dikonfirmasi terpisah.    (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015