Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Ketua DPRD Kalimantan Timur Syahrun HS mengingatkan Penjabat Bupati Berau Syarifudin untuk mengawal persiapan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah serentak pada 9 Desember 2015 agar berlangsung sukses tanpa hambatan.

"Masa tugas Penjabat Bupati Berau memang terbilang pendek, karena hanya meneruskan sisa masa jabatan bupati sebelumnya. Sedangkan pelaksanaan Pilkada semakin dekat, sehingga dibutuhkan sejumlah kesiapan yang cukup matang agar berjalan dengan baik dan maksimal," kata Syahrun saat menghadiri pelantikan Syarifudin sebagai Penjabat Bupati Berau di Samarinda, Kamis.

Syarifudin yang sebelumnya menjabat Sekretaris Dewan Pengurus Korpri Provinsi Kaltim, dilantik Gubernur Awang Faroek Ishak setelah turunnya surat keputusan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo terkait penunjukan penjabat bupati Berau.

Sementara masa jabatan Makmur HAPK dan A Rifai sebagai Bupati dan Wakil Bupati Berau telah berakhir pada September lalu.

Syahrun menjelaskan kesiapan menggelar pilkada tersebut meliputi kelengkapan sarana dan prasarana hingga koordinasi dengan pihak keamanan terkait dengan terciptanya suasana aman dan kondusif di Kabupaten Berau.

"Sikap netral dengan tidak memihak salah satu calon merupakan sebuah keharusan dan penjabat bupati Berau harus menyampaikan hal itu kepada jajarannya di daerah," tambahnya.

Tugas lain yang tidak kalah penting adalah penyelenggaraan pendidikan, peningkatan pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Berau, dengan meneruskan program yang sudah dilaksanakan bupati sebelumnya.

Selain itu, Syarifudin juga diharapkan membangun harmonisasi dan komunikasi daerah lain, termasuk pemerintah provinsi dan pusat.

"Seluruh perusahaan yang ada di Berau harus diikutsertakan dalam penyelenggaraan pembangunan guna mempermudah pencapaian program pemerintah, sehingga kesejahteraan masyarakat akan bisa tercapai," tutur Syahrun. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015