Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Kualitas lawakan para komik atau pelawak tunggal Balikpapan di pentas standup comedy disebutkan tak kalah dengan rekan mereka yang sudah biasa tampil di televisi Jakarta yang bersiaran nasional.

"Soal kualitas lawakan berani diadu," puji komik kawakan Soleh Solihun di Balikpapan, Minggu.

Kualitas yang dimaksud Soleh adalah mulai dari materi, penguasaan materi tersebut, gaya berbicara, ekspresi tubuh, hingga spontanitas.

"Kawan-kawan di Balikpapan sudah bagus," sambung Soleh beberapa saat sebelum manggung di pentas standup comedy Kode Cowok di pelataran parkir E-Walk, Balikpapan Super Blok (BSB), Stal Kuda, Balikpapan, Sabtu malam 26/9.

Soleh Solihun yang rutin tampil di acara Stand Up Comedy Metro TV tersebut juga hadir untuk menjadi juri lomba komik di pentas Kode Cowo tersebut.

Menurut Soleh hanya ketiadaan kesempatan saja yang membuat komik Balikpapan seperti Mr Gamayel, Baim Ichsan, Bullah Haq, Benny Sugiarso, dan lain-lain untuk menggalang sukses di level nasional.

Pentas Kode Cowo sendiri adalah pentas standup komedi dengan tema persaudaraan cowo (laki-laki).

"Kami sampaikan dengan humor hal-hal, atau nilai-nilai, yang tidak tertulis, yang dipegang dalam pergaulan lelaki," kata Soleh.

Nilai-nilai tersebut diantaranya "cowo selalu siap bantu teman" sehingga solidaritas ini kadang lebih didahulukan ketimbang pasangannya sendiri. Lelaki juga menganut nilai "keren tidak perlu bikin repot".

"Artinya kalau mandi gak perlu lama, cukup satu setengah menit," timpal Sandy, pemain drum Pas Band yang juga tampil di pentas Kode Cowo.  (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015