Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Tim Panjat Tebing Kalimantan Timur meraih tiga medali emas nomor perorangan speed pada kejuaraan nasional panjat tebing tingkat junior dan kelompok umur 2015 di Yogyakarta.

Wakil Sekretaris Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kaltim, Putu Anggi Eka Saputra dihubungi dari Samarinda, Minggu, mengatakan, tiga emas tersebut diraih atlet daerah ini pada speed warior junior dan kelompok umur.

"Emas pertama diraih Jamal Alhadad pada speed junior putra, Zulfatul Mukri pada speed youth B putri dan Ari Wahyu pada speed youth B Putra," jelas Putu.

Selain tiga emas, tim Kaltim juga meraih tiga perak dan dua perunggu, dan menduduki peringkat ke-3 klasemen perolehan medali di bawah Jatim dengan 3 emas, 7 perak dan 6 perunggu, dan pimpinan klasemen tim Jateng dengan 4 emas, 2 Perak dan 1 perunggu.

"Hari ini (Minggu-red) telah mempertandingkan 16 nomor speed, boulder dan leas untuk kategori junior dan youth," jelas Putu.

Ia mengakui bahwa andalan Kaltim memang nomor speed, sayangnya tidak semua atlet daerah ini tampil maksimal dan meraih emas.

"Atlet putri andalan tim Kaltim Novi Wardani harus puas meraih juara kedua, dia kalah bersaing dengan Agustina Sari dari Jawa Tengah," imbuh Putu.

Ia mengatakan bahwa peluang tim Kaltim untuk menambah koleksi medali emas, masih terbuka lebar, utamanya nomor beregu.

"Kita berharap anak-anak bisa tampil maksimal pada kategori yang lain, minimal bisa menambah beberapa keping medali untuk mengamankan peringkat," urai Putu.

Menurut Putu, tim Jawa Timur berpeluang besar untuk menyalib perolehan medali, menggeser pimpinan klasemen Jawa Tengah, yang hanya unggul 1 emas, dan teringgal jauh perolehan perak, perunggunya.

"Sedangkan tim Kaltim juga rawan di salib oleh tim DKI, yang juga mengoleksi 3 emas, beda perak dan perunggu saja," tegas Putu. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015