Samarinda (ANTARA Kaltim) - Untuk mengoptimalkan pelayanan melalui kualitas dan kuantitas, Perpustakaan Daerah Provinsi Kalimantan Timur direkomendasikan segera dipindahkan dari Jalan Juanda Samarinda ke Jalan Perjuangan.

Hal itu disampaikan anggota DPRD asal Fraksi PKS Ali Hamdi sesuai rekomendasi yang dikeluarkan oleh Pansus LKPJ. Menurutnya wacana soal pemindahan tersebut sudah lama didengungkan dengan pertimbangan luas lahan gedung perpustakaan yang ada saat ini sudah sangat terbatas sehingga membatasi pula pengembangan perpustakaan.

"Sesuai rekomendasi Pansus LKPJ maka segera persiapkan dengan matang pemindahan Perpustakaan Daerah. Yang ada saat ini lahannya terbatas. Belum lagi lahannya akan terpotong untuk pemanfaatan pembangunan flyover yang dibangun Pemerintah Kota Samarinda," kata Ali Hamdi.

Sebelumnya rencana pemindahan telah diwacanakan sejak 2013, dan telah dikomunikasikan dengan DPRD Kaltim melalui Komisi IV. Luasan yang telah disiapkan adalah seluas 2 hektare.

Artinya menurut Ali Hamdi dengan luaa tersebut akan memberikan kesempatan bagi perpustakaan untuk memanfaatkan luasan lahan mengembangkan perpustakaan.

Dengan lahan yang luas menurut Ali Hamdi, bukan hanya ruang gedung yang memadai bagi penyimpanan buku-buku, pengunjung juga akan lebih nyaman jika ruangan ditata dengan lebih baik.

"lLahan luas terbuka selain sebagai lahan parkir juga bisa dimanfaatkan untuk mengadakan festival maupun pameran dan event-event yang bermanfaat. Bahkan pameran buku juga dapat digelar, apalagi daerah Jalan Perjuangan ini berdekatan sekali dengan Universitas Mulawarman dan beberapa perguruan tinggi lain sehingga pengembangan bisa dilakukan bekerjasama dengan perguruan tinggi ini," urai Ali Hamdi.

Tak hanya itu untuk mengoptimalkan pelayanan perpustakaan elektronik, direkomendasikan  juga akan dilakukan peningkatan kapasitas jaringan (bandwith).

"Selain merekomendasikan pemindahan lokasi perpustakaan peningkatan ini merupakan sebuah kebutuhan agar pelayanan perpustakaan provinsi semakin baik, sehingga terjadi peningkatan kuantitas dan kualitas.

 Termasuk yang harus terus ditingkatkan adalah kualitas koleksi bahan pustaka  dan pengembangan fasilitas layanan perpustakaan keliling. Optimalisasi pemasaran dan promosi perpustakaan pada kalangan anak-anak dan remaja,  serta masyarakat umum, melalui pameran buku dan festival perpustakaan dengan memanfaatkan ruang yang ada tersebut," urainya. (Humas DPRD Kaltim/adv)


Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015