Penajam (ANTARA Kaltim) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Penajam Paser Utara, menyiapkan 12 unit kapal feri untuk sarana transportasi menghadapi arus mudik dan arus balik Idul Fitri 2015.

"Ke-12 kapal feri itu akan disiapkan pada dua dermaga pelabuhan laut di Penajam, sebagai antisipasi jika terjadi lonjakan penumpang lebaran tahun ini (2015)," ungkap Kepala PT ASDP Penajam Paser Utara, Rahmat, di Penajam, Selasa.

Sebelumnya, kapal feri yang melayani penumpang tujuan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara ke Kariangau, Balikpapan kata dia, berjumlah 10 unit, namun sejak awal Ramadhan, tepatnya pada pertengahan Juni 2015, PT ASDP Penajam Paser Utara mendapatkan tambahan 2 unit kapal feri lagi untuk melayani tujuan yang sama.

"Saat ini, ada 12 kapal feri yang beroperasi melayani tujuan Penajam-Kariangau. Jadi, kami masih mampu melayani penumpang walau terjadi lonjakan penumpang," kata Rahmat.

Lonjakan penumpang yang menggunakan jasa kapal feri penyeberangan kata Rahmat diprediksi terjadi pada H-3 (tiga hari sebelum lebaran) dan H+3 atau tiga hari setelah lebaran.

Seperti pada arus mudik dan arus balik Idul Fitri tahun sebelumnya lanjut Rahmat, akan terjadi antrean panjang kendaraan di dermaga PT ASDP Penajam, saat terjadi lonjakan penumpang pada H-3 dan H+3 Idul Fitri.

"Walaupun saat ini kami memiliki dua dermaga, tapi diperkirakan antrean panjang kendaraan masih terjadi ketika ada lonjakan penumpang," ungkap Rahmat.

"Biasanya, tiga hari sebelum lebaran lonjakan penumpang banyak dari arah Balikpapan ke Penajam, sedangkan tiga hari setelah lebaran banyak penumpang dari arah Penajam ke Balikpapan. Lonjakan penumpang itu didominasi kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat," ungkap Rahmat.    (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015