Samarinda (ANTARA News) - Kesebelasan Persipura Papua berhasil memetik satu poin setelah menahan imbang tuan rumah Persisam Putra Samarinda 2-2 dalam laga lanjutan Indonesia Super League (ISL) yang berlangsung di Stadion Segiri Samarinda, Kaltim, Minggu.

Persisam unggul terlebih dahulu di menit ke-15 lewat tendangan Pipat Tonkaya yang berhasil mengecoh penjaga gawang Persipura, Jendry Pitoy.

Namun, skor 1-0 itu tidak berlangsung lama setelah Victor Igbonefo berhasil menyarangkan bola melalui sundulan kepala ke gawang Persisam yang dijaga Wawan Hendrawan sehingga mengubah skor 1-1.

Persipura sempat unggul 2-1 lewat tendangan Ian Louis Kabes di menit ke-77 babak kedua. Namun, kapten kesebelasan Persisam, Hamka Hamzah, berhasil menyelamatkan timnya dari kekalahan setelah berhasil menyarangkan bola ke gawang Hendry Pitoy di menit ke-89.

"Walaupun sebenarnya target kami tiga poin, namun kami puas dengan hasil imbang melawan Persisam," ungkap Pelatih Persipura, Jacksen F Tiago, usai pertandingan.

Di menit-menit awal babak pertama, kesebelasan Persisam yang bermain dihadapan ribuan suporternya, langsung mengambil inisiatif menyerang.

Legiun asing Persisam asal Thailand, Pipet Tongkaya, nyaris mencetak gol di menit ke-7 babak pertama setelah berhasil menerobos barisam pertahanan Persipura, namun tendangannya masih berhasil ditepis, Jendry Pitoy.

Kesebelasan Persisam yang dikomandoi Hamka Hamzah, terus membombardir benteng pertahanan Persipura.

Peluang akhirnya berhasil dimanfaatkan Pipet Tongkaya di menit ke-15 babak pertama setelah mengecoh Jendry Pitoy yang telah meninggalkan gawangnya sehingga dengan mudah, peman asal Thailand itu menyarangkan bola ke gawang Persipura sehingga anak asuh Aji Santoso berhasil unggul 1-0.

Tertinggal 0-1, Eduard Ivak Dalam dkk mencoba membangun serangan dari sektor kiri gawang Persisam.

Victor Igbonefo akhirnya berhasil menyamakan kedudukan 1-1 lewat sundulan kepala yang memanfaatkan tendangan sudut dari sektor kiri gawang Persisam.

"Sebenarnya, Boaz T. Salosa berhasil menciptakan beberapa kali peluang namun tidak berhasil dimanfaatkan. Mestinya, dia (Boaz T. Salosa) mencetak minimal satu gol di babak pertama, namun peluang tersebut tidak berhasi dimaksimalkan," katanya.

"Namun secara umum, pertandingan ini berjalan cukup menarik dan saya mengakui pemain Persisam bermain sangat baik," kata Jacksen F Tiago.

Hingga akhir babak pertama usai, skor tetap bertahan 1-1.

Saat wasit meniup peluit tanda pertandingan babak kedua dimulai, kesebelasan Perspura langsung menyerang jantung pertahanan Persisam.

"Di awal pertandingan hingga di menit ke-20 anak-anak sempat grogi menghadapi gempuran para pemain Persisam, namun setelah itu para pemain mulai tampil percaya diri dan mencoba melayani permainan Persisam," ungkap Pelatih Persipura tersebut.

Beberapa peluang Eduard Ivakk dkk masih dapat dibendung barisan pertahanan Persisam.

"Sebenarnya, anak-anak bermain sangat baik namun karena lawan yang kami hadapi cukup kuat dan memiliki materi pemain yang berpengalaman sehingga mereka sempat kewalahan," kata Palatih Persisam, Aji Santoso.

Gempuran anak asuh Jacksen F Tiago akirnya membuahkan hasil di menit ke-77 babak kedua setelah Ian Louis Kabes berhasil mengecoh pemain belakang Persisam dan melesatkan tendangan ke gawang Persisam sehingga mengubah skor 2-1 untuk Persipura.

"Sebenarnya banyak juga peluang yang berhasil diciptakan, baik di babak pertama maupun di babak kedua, namun selain lawan cukup tangguh keberuntungan juga tidak berpihak kepada kami," kata Aji Santoso.

Tertinggal 1-2, ribuan suporter Persisam terlihat mulai kecewa dengan melempar botol air mineral ke tengah lapangan.Namun, ulah suporter tidak membuat para pemain Persipura gentar. Beberapa peluang sempat tercipta, namun tidak berhasil berbuah gol.

Tak ingin kalah di depan publiknya sendiri, para Pemain Persisam mencoba bermain habis-habisan. Bek yang juga kapten kesebelasan Persisam, Hamka Hamzah akhirya berhasil menyamakan skor 2-2- lewat tendangan kerasnya setelah berhasil menerobos barisan pertahanan Persipura.

"Beberapa pemain tidak bisa bermain optimal, seperti Ronald Fagundes dan Tsimi Joel karena baru sebuh dari cedera," kata pelath Persisam tersebut.

Pewarta:

Editor : Iskandar Zulkarnaen


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2010