Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Bank Indonesia Kantor Perwakilan Balikpapan menyediakan uang kartal sebesar Rp4 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang kontan selama Ramadhan dan Idul Fitri 1436 Hijriyah.

"Selain Balikpapan dan sekitarnya, kami juga memasok kebutuhan uang kartal untuk Samarinda, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Tengah," kata Deputi Kepala Perwakilan BI Balikpapan Edi Wijaya, Senin.

Jumlah itu dua kali lipat dari yang disediakan BI pada Ramadhan dan Idul Fitri 1435 H. "Termasuk untuk pembayaran THR dan masyarakat yang perlu uang baru pecahan kecil," katanya.

BI juga sudah mengatur jadwal untuk penukaran uang tersebut dan di Kantor BI Balikpapan di Jalan Jenderal Sudirman loket penukaran dibuka sejak 18 Juni lalu hingga 9 Juli nanti pada pukul 09.00-11.00 Wita.

"Saya lihat masyarakat malah sudah antre sejak pukul 07.00 pagi," kata Wijaya.

Selain di Kantor BI, pada tanggal 6-9 Juli BI menambah tempat penukaran dengan mengerahkan mobil kas keliling. Mobil itu akan berada di dua tempat setiap hari yaitu pada pukul 09.00-10.30 dan 11.00-12.00.

Mobil kas keliling itu akan berkunjung ke Pasar Klandasan dan Pasar Baru/Balcony pada Senin 6/7, Pasar Pandansari dan Pasar Rapak Selasa, dan Kamis di Pasar Segar Balikpapan Baru, Pasar Sepinggan, dan tambahan jadwal di pukul 13.30-15.00 di Pasar Manggar.

"Pada Rabu kami khususkan untuk melayani perbankan dan penukaran uang rusak, terbakar, atau yang dicabut dari peredaran," jelas Edi Wijaya.

Kemudian, dari 13 Juli hingga jelang libur Idul Fitri, penukaran uang kecil hanya dilayani mobil kas keliling di tempat-tempat tersebut di atas.

Selain itu, masyarakat juga bisa menukarkan uangnya ke bank-bank pemerintah maupun swasta yang ada, yang di Balikpapan kini mencapai 30 lebih kantor.

"Ada juga mobil kas keliling Bank Kaltim Cabang Balikpapan yang melayani penukaran uang sejak tanggal 26 Juni lalu sampai 15 Juli mendatang," tambah Wijaya.

Mobil kas Bank Kaltim ini melayani tempat-tempat yang jauh dari pusat kota Balikpapan. Hari Senin dan Kamis ia ada di Puskesmas Km 12 Jalan Soekarno-Hatta di Karang Joang, Balikpapan Utara, Selasa dan Jumat di Kantor Dinas Kependudukan di Jalan MT Harjono, dan Rabu di Gunung Tembak dekat Pesantren Hidayatullah di Balikpapan Timur, 40 km utara Balikpapan. (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015