Samarinda (ANTARA Kaltim) - Calon penerima Beasiswa Kaltim Cemerlang kategori diploma dan sarjana per perguruan tinggi yang tersebar di Provinsi Kalimantan Timur, berjubel memadati Sekretariat BKC karena Jumat ini merupakan hari terakhir penyerahan berkas.

"Hari ini terakhir penyerahan berkas setelah saya mendaftar via online, makanya saya ikut antre menyerahkan berkas. Tapi kalau beasiswa kategori kabupaten/kota penutupannya masih lama, 10 Juli mendatang," kata Irwan, seorang mahasiswa yang ikut antre di Sekretariat BKC di Samarinda, Jumat.

Sedangkan menurut Ketua Tim Verifikasi BKC Basmen Nainggolan, beasiswa yang diberikan oleh Pemprov Kaltim untuk pelajar SD hingga mahasiswa program doktor pada 2015 ini, total jumlah penerimanya terdapat 44.411 orang dengan nilai Rp112 miliar dari APBD Kaltim.

Beasiswa yang diluncurkan tersebut terbagi dari tiga kategori, yakni kategori beasiswa umum seleksi Pemprov Kaltim, kategori seleksi kabupaten/kota, dan kategori diploma-sarjana yang diseleksi masing-masing perguruan tinggi.

Masing-masing kategori memiliki berbagai jenis, seperti pada kategori seleksi Pemprov Kaltim di antaranya ada beasiswa jenis internasional terdapat 35 mahasiswa S1/D4 dengan nilai Rp20 juta per orang, 15 mahasiswa magister senilai Rp22,5 juta per orang, dan 10 mahasiswa doktor dengan nilai Rp25 juta per orang.

Ada pula jenis beasiswa untuk penelitian tugas akhir luar daerah, jenis pendidikan dokter spesialis luar daerah, pendidikan kedokteran dan profesi dokter luar daerah, beasiswa untuk tutor PAUD, dan jenis beasiswa untuk mahasiswa miskin dalam daerah.

Kemudian untuk kategori seleksi per kabupaten/kota ada jenis beasiswa miskin, beasiswa peraih nilai Ujian Nasional (UN) terbaik mulai jenjang SD hingga SMA dan yang sederajat, jenis beasiswa untuk santri di pondok pesantren, beasiswa untuk mereka yang tinggal di panti asuhan.

Selanjutnya jenis beasiswa untuk anak - cucu veteran, beasiswa berprestasi, beasiswa bagi penyandang disabilitas kebutuhan khusus, dan jenis beasiswa untuk pelajar yang menjadi Paskibraka.

Sedangkan untuk kategori seleksi perguruan tinggi, antara lain jenis beasiswa untuk mahasiswa di Kota Samarinda terdapat 5.115 calon penerima yang tersebar di 33 perguruan tinggi, untuk 180 penerima pada empat perguruan tinggi di Kota Bontang, dan 130 penerima pada tiga perguruan tinggi di Kabupaten Berau. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015