Penajam (ANTARA Kaltim) - Palang Merah Indonesia Kabupaten Penajam Paser Utara, akan menggelar kegiatan donor darah dengan target 50 kantong, sebagai upaya membantu warga setempat yang membutuhkan darah.

"Untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, kami akan mengadakan donor darah pada Kamis (4/6) mulai pukul 08.00 Wita. Kami harapkan seluruh masyarakat bisa berpartisipasi mendonorkan darahnya," kata Sekretaris PMI Penajam Paser Utara, Andi Mappanyompa Makhmud saat dihubungi di Penajam, Rabu.

Tempat penyelenggaraaan donor darah dipusatkan di Rumah Sakit Daerah (RSUD) Kabupaten Penajam Paser Utara.

Pelaksanaan kegiatan donor darah tersebut, lanjutnya, pihaknya bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Balikpapan, karena PMI Penajam Paser Utara belum memiliki UTD sendiri.

Karena PMI Penajam Paser Utara belum memiliki UTD, kata Andi Mappanyompa, hasil donor darah yang dikumpulkan selama ini juga diserahkan ke bank darah di UTD PMI Kota Balikpapan.

"Sehingga, jika masyarakat Penajam Paser Utara membutuhkan darah, masih diarahkan ke UTD PMI Balikpapan," katanya.

"Kami akui selama ini untuk mendapatkan darah, masyarakat harus ke UTD PMI Balikpapan. Kami berupaya agar ke depan kebutuhan darah bisa didapatkan di PMI Penajam Paser Utara tanpa harus ke Balikpapan lagi," ungkapnya.

Sesuai program tahun 2015, PMI Penajam Paser Utara tambah dia, menetapkan kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan berupa donor darah dan rencananya digelar setiap tiga bulan sekali.

"Kegiatan yang akan dilaksanakan setiap tiga bulan sekali itu untuk memasyarakatkan donor darah kapada warga Penajam Paser Utara," tambahnya.

Ia menambahkan PMI Penajam Paser Utara akan mengirim empat orang relawan untuk mengikuti Pendidikan Tenaga Transfusi Darah (PTTD) di Solo, Jawa Tengah.

"Jadi, nantinya ketika sarana dan prasarana donor darah telah siap, mereka bisa langsung bekerja melayani para donor di Penajam Paser Utara," jelas Andi Mappanyompa.     (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015