Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Petenis Tiongkok, Lu Jia Jing, memenangi "ITF Women`s Circuit Bankaltim and Balikpapan City Government Open 2015" setelah dalam final mengalahkan petenis Jepang Miyu Kato di Stadion Tenis Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu.

Unggulan kedua Lu Jia Jing menamatkan perlawanan petenis Jepang Miyu Kato 6-4, 6-3 dan berhak atas hadiah uang 3.919 dolar AS atau lebih kurang Rp51 juta. Peringkat kedua Miyu Kato yang berperingkat 312 dunia menerima 2.091 dolar AS atau sekira Rp27 juta.

"Saya gembira. Indonesia adalah tempat yang bersahabat dalam karir tenis saya. Sebelum di Balikpapan ini, saya pernah juara di Tarakan dan Jakarta," tutur Lu dengan raut muka berseri-seri usai pertandingan.

Bagi Lu, kemenangan di Balikpapan ini memberinya gelar kesebelas dalam karir tenisnya. Sedikit lebih spesial karena gelar di Balikpapan adalah juara dalam kategori 25.000 dolar AS, yang merupakan gelarnya yang kedua di level itu selain sembilan lainnya di event 10.000 dolar AS.

Lu Jia Jing pernah mengalahkan Kato di turnamen Women`s Circuit di Nanjing, Tiongkok, tahun lalu dengan skor 6-3, 6-2.

"Tahun ini sedikit lebih sulit. Tentu karena Miyu juga semakin maju permainannya," puji Lu yang lahir 18 November 1989.

Laga sempat terhenti karena hujan gerimis tepat saat set pertama berakhir itu, Lu tampil sangat dominan dengan variasi pukulan yang menyulitkan lawan.

"Saya tidak suka loop ball yang banyak dilakukan Lu," tutur Miyu Kato yang sempat memberi perlawanan sengit di tiga game terakhir set kedua.

Dukungan penonton membuatnya bangkit dan berhasil mengurangi kesalahan sendiri yang banyak dibuatnya di 3 game sebelumnya. Meski demikian, dengan keunggulan 5-3, Lu Jia Jing hanya perlu sedikit menenangkan diri untuk mengambil alih game ke-10 dan meraih gelar juara.

Bankaltim and Balikpapan City Government Open 2015 adalah turnamen ITF Women`s Circuit yang menyediakan total hadiah 25.000 dolar AS atau sekitar Rp325 juta. Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur secara konsisten berhasil menghadirkan turnamen ini sejak lebih dari satu dekade silam.

"Sebagai sponsor, kami akan terus mendukung turnamen ini. Namun, tahun mendatang kami ingin membuat event ini menjadi lebih berarti bagi dunia tenis nasional dan mampu membangkitkan potensi lokal," tutur Direktur Utama Bankaltim, Zainuddin Fanani seusai penyerahan hadiah. (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015