Samarinda (ANTARA Kaltim) - Tiga pemanjat junior Kalimantan Timur terpilih mewakili Indonesia mengikuti kejuaraan dunia panjat tebing kelompok umur di Spanyol pada bulan Agustus 2015.

Sekretaris Pengurus Provinsi Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kaltim, Achmad Subhan di Samarinda, Jumat, mengatakan tiga pemanjat tersebut diantaranya Juskerima (Bontang), Reza Fahlevi (Kukar) serta Novi (Balikpapan).

"Mereka akan mewakili kejuaraan dunia, tentu kami bangga telah melakukan pembinaan kepada mereka," kata Subhan menjelaskan.

Subhan menjelaskan bahwa Juskerima dan Novi akan bertanding di nomor boulder atau jarak pendek. Sementara Reza akan tampil di nomor speed atau kecepatan.

Menurut Subhan pemilihan pemanjat Kaltim ini oleh Pengurus Pusat FPtI melalui hasil dari kejuaraan nasional tahun lalu.

"Saat itu tiga pemanjat Kaltim berhasil meraih medali emas di nomor yang diikutinya," kata Subhan.

Ia mengatakan saat ini para pemanjat Kaltim tersebut masih berada di daerah untuk menjalani pemusatan latihan menuju kualifikasi PON.

Ia berharap lolosnya Reza, Juskerima dan Novi menjadi bagian dari tim Indonesia, diharapkan semakin melecut semangat mereka saat tampil di kualifikasi PON nanti.

"Untuk bersaing di level Dunia, memang kualifikasinya begitu berat, makanya kami tak berani usung target, yang terpenting mereka bisa mendapatkan pengalaman berharga," tegas Subhan.

Untuk pra PON 2015, dikatakan Subhan, FPTI Kaltim menargetkan bisa meloloskan sebanyak-banyaknya agar bisa tampil di semua kelas.

"Persaingan di pra PON akan sangat ketat, kami berharap bisa meloloskan di semua nomor tanding," kata Subhan. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015