Samarinda (ANTARA Kaltim) - Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-107 tahun 2015 yang dipercayakan kepada Provinsi Kalimantan Timur sebagai tuan rumah.

"Persiapan menjadi tuan rumah Harkitnas sudah kami lakukan sejak lama. Hingga saat ini kami terus melakukan koordinasi dan pematangannya, apalagi dalam Harkitnas 20 Mei mendatang akan dihadiri Presiden, tentu semua harus siap," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim Abdullah Sani di Samarinda, Rabu.

Dalam jadwal sementara yang diterima, lanjut dia, kehadiran Presiden Jokowi ke Kaltim, selain menjadi inspektur upacara Harkitnas ke-107, juga akan melakukan kunjungan ke sejumlah kabupaten dan kota di Kaltim.

Peringatan Harkitnas yang mengangkat tema "Melalui Harkitnas Kita Bangkitkan Semangat Kerja Keras Menuju Indonesia Maju dan Sejahtera" tersebut, akan dipusatkan di kawasan proyek tol Balikpapan - Samarinda, tepatnya di kilometer 13 Balikpapan.

"Apabila dalam Harkitnas nanti Pak Jokowi menjadi inspektur upacara, maka hal ini akan menjadi catatan sejarah khusus karena merupakan yang pertama diperingati dalam bentuk upacara di Kaltim, sekaligus menjadi momentum pencanangan semangat Ayo Kerja, Kerja, Kerja," ucap Sani saat rapat persiapan di Kantor Gubernur Kaltim.

Sani berharap melalui Harkitnas, semua lapisan masyarakat di Kaltim menjadikan momentum ini sebagai penyemangat untuk meningkatkan kinerja, lebih banyak aktif dan berkarya nyata guna kemajuan bangsa dan negara.

Sementara dalam rapat tersebut, Wakil Asisten Operasi (Waasops) Kasdam VI/ Mulawarman Letkol Inf Subagyo menjelaskan kesiapan TNI dalam menjaga keamanan pada upacara peringatan Harkitnas dan kunjungan Presiden RI ke Kaltim.

"Personel yang kami siapkan dalam Harkitnas akan dikerahkan untuk dua titik utama, yakni di kilometer 13 dan di sekitar Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Kariangau, Balikpapan. Apabila ada perubahan, maka segera dikoordinasikan guna memastikan kekuatan personel," katanya. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015